Dalam manajemen sumber daya manusia pererapan kedisiplinan sangatlah penting. Disiplin kerja adalah kesadaran dan kesediaan pegawai menaati semua peraturan organisasi dan norma-norma sosial yang berlaku. Dengan demikian disiplin kerja merupakan suatu cara yang digunakan pemimpin untuk berkomunikasi dengan pegawai.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor dominan disiplin kerja karyawan dengan menggunakan sebelas faktor yaitu faktor tujuan dan kemampuan, faktor teladan pemimpin, faktor keadilan, faktor ketaatan pada peraturan kerja, faktor sanksi hukuman, faktor ketegasan, faktor perhatian pada karyawan, faktor berpakaian rapi, faktor tanggung jawab, faktor penggunaan alat kantor dan faktor ketepatan waktu.
Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan analisis faktor. Responden penelitian berjumlah 48 karyawan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Internasional Golden Institut Jakarta dengan menggunakan teknik sampling total dan teknik analisisnya menggunakan metode analisis faktor dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukan tingkat disiplin kerja karyawan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Internasional Golden Institut Jakarta sebesar 77,4%, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat disiplin kerja dalam kategori baik. Penelitian ini menghasilkan faktor baru yaitu keadilan dan faktor perhatian karyawan dengan variabel kontribusi terbesarnya adalah faktor keadilan.
Kata Kunci: Disiplin Kerja Karyawan, Faktor Disiplin Kerja