PENGARUH KESEMPATAN INVESTASI, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

MUH YUSRIL IHZA MAHENDRA S

Informasi Dasar

20.04.708
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Kebijakan dividen merupakan salah satu kebijakan yang harus diambil manajemen dalam memutuskan apakah laba yang dihasilkan perusahaan selama satu periode akan dibagi semua atau dibagi sebagian untuk dividen dan sebagian lagi tidak dibagi dalam bentuk laba ditahan. Dividen dalam bentuk tunai (cash dividend) merupakan bentuk pembagian dividen yang paling sering diberikan oleh perusahaan serta diminati oleh investor karena keuntungannya mudah diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi perusahaan dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan dividen pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Beberapa faktor tersebut yaitu kesempatan investasi, profitabilitas, dan leverage. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan tahunan tahun 2014-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 12 sampel perusahaan dengan 60 jumlah data. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software e-views 10.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara kesempatan investasi, profitabilitas, dan leverage secara simultan berpengaruh dan mampu menjelaskan kebijakan dividen sebesar 13.21% dan sisanya 86.79% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dilibatkan dalam penelitian. Variabel leverage secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen, sementara variabel kesempatan investasi dan profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terjadap kebijakan dividen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi, serta informasi masukan kepada perusahaan mengenai pengaruh kesempatan investasi, profitabilitas,dan leverage terhadap kebijakan dividen untuk dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan terkait pembagian dividen agar dapat dimanfaatkan oleh perusahaan secara optimal.

Kata Kunci: kebijakan dividen, kesempatan investasi, leverage, profitabilitas.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH KESEMPATAN INVESTASI, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUH YUSRIL IHZA MAHENDRA S
Perorangan
KHAIRUNNISA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini