Pendeteksian Gaya Belajar Mahasiswa Berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator Menggunakan Algoritma Random Forest (Studi Kasus: Mata Kuliah di Program Studi Informatika Universitas Telkom)

RENISA FAUZIA

Informasi Dasar

47 kali
20.04.773
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Beragam kepribadian yang dimiliki mahasiswa menyebabkan gaya belajar dari masing-masing mahasiswa menjadi berbeda. Gaya belajar merupakan salah satu faktor internal yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar dari mahasiswa. Gaya belajar dari masing-masing mahasiswa dapat dideteksi berdasarkan kepribadian Myers-Briggs Type Indicator yang membagi kepribadian mahasiswa menjadi 16 kepribadian yang berbeda dan dapat menjadi sumber untuk mengetahui gaya belajar. Algoritma Random Forest merupakan algoritma yang menghasilkan error yang lebih rendah dan memberikan hasil yang bagus dalam klasifikasi. Oleh karena itu, gaya belajar mahasiswa diklasifikasikan menggunakan algoritma Random Forest. Performansi dari algoritma Random Forest terhadap klasifikasi gaya belajar mahasiswa menunjukkan nilai akurasi sebesar 95.45% dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Klasifikasi, Gaya Belajar, Myers-Briggs Type Indicator, Random Forest

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Pendeteksian Gaya Belajar Mahasiswa Berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator Menggunakan Algoritma Random Forest (Studi Kasus: Mata Kuliah di Program Studi Informatika Universitas Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RENISA FAUZIA
Perorangan
YANUAR FIRDAUS ARIE WIBOWO, DAWAM DWI JATMIKO SUWAWI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • IFG444 - TUGAS AKHIR II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini