PERANCANGAN FRAMEWORK PENILAIAN ENTERPRISE ARCHITECTURE KEPUASAN PELANGGAN BERDASARKAN ANALISA GAP

MUHAMAD AFIF ABDURRAHIM

Informasi Dasar

56 kali
20.04.814
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini perkembangan Teknnologi Informasi (TI) yang sangat pesat memiliki pengaruh yang cukup besar bagi perusahaan atau instansi dalam menjalankan proses bisnis, termasuk pada industri perbankan yang saat ini telah banyaknya menerapkan teknologi informasi. Bank XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada industri perbankan, Dalam mencapai Indonesia’s best, ASEAN’s prominent dibutuhkan teknologi informasi yang dapat menunjang bisnis dari Bank XYZ. Enterprise Architecture merupakan metode yang dapat digunakan untuk menyelaraskan antara strategi bisnis dengan teknologi informasi. Data dan informasi merupakan salah satu elemen penting, data dan informasi yang diberikan oleh Bank XYZ harus berkualitas baik dan dapat mudah didapatkan oleh nasabah. Penelitian ini menggunakan mixed method, yaitu dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Untuk kelancaran penelitian ini maka akan dilakukan observasi dan penyebaran kuesioner pada nassabah bank XYZ yang berstatus mahasiswa, yang bertujuan untuk mengukur bagaimana kepuasan nasabah dalam menghadapi layanan yang diberikan yaitu berupa data dan informasi, Kuesioner ini menggunakan dimensi Servqual yang terdiri dari tangibles (A), reliability (C), empathy (D), responsiveness (E), assurance (F), dan kepuasan nasabah (B). Sampel pada penelitian ini berjumlah 75 responden. Hasil dari kuesioner akan di uji untuk menyatakan bahwa hasil kuesioner bersifat valid, reliabel, dan berdistribusi normal, Setelah itu dibuat menjadi matrix, Matrix merupakan suatu instrumen yang dibuat untuk melakukan pengukuran. hasil tersebut kemudian akan menghasilkan gap yang akan dianalisis dengan menggunakan TOGAF. Dengan melakukan perancangan instrument yang dihubungkan dengan TOGAF, diharapkan dapat memberikan rekomendasi solusi dalam meningkatkan kapabilitas perusahaan pada fungsi IT Operation. Pada penilitan ini menghasilkan perancangan gap matrix Satisfaction dan perancagan Enterprise Architecture dengan TOGAF ADM yang berupa blueprint dan gap analysis yang saling beririsan yang dapat dijadikan rekomendasi pada tahap pengimplementasian.
Kata Kunci: Enterprise Architecture, Mixed Method, Servqual, Matrix, TOGAF, IT Operation

Subjek

CUSTOMER SATISFACTION
 

Katalog

PERANCANGAN FRAMEWORK PENILAIAN ENTERPRISE ARCHITECTURE KEPUASAN PELANGGAN BERDASARKAN ANALISA GAP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD AFIF ABDURRAHIM
Perorangan
WARIH PUSPITASARI, MUHARMAN LUBIS
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • ISH2E3 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • ISG3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISH4Y3 - ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI LANJUT
  • ISH4Z3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • IEG4R3 - MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
  • ISH1A3 - PENGANTAR SISTEM INFORMASI
  • IS4213 - PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI
  • IE2443 - REKAYASA PROSES BISNIS
  • IEG2E3 - STATISTIKA INDUSTRI
  • ISG3L3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISI1B3 - PENGANTAR SISTEM INFORMASI
  • ISI2G3 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • ISI4R3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini