SEGMENTASI DAN TARGETING PELANGGAN PREPAID PADA MICRO CLUSTER PT INDOSAT DI JAWA BARAT

WIDY WIBOWO

Informasi Dasar

188 kali
20.05.050
658.8
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK Industri telekomunikasi saat ini dihadapkan menurunnya pendapatan voice dan SMS yang selama ini menjadi pendapatan utama operator seluler, disisi lain tingginya kenaikan trafik dan kebutuhan data di masyarakat menuntut operator selular untuk memberikan layanan data dengan kecepatan tinggi untuk kompetitif di market, walaupun di sisi lain kontribusi pendapatan data belum mampu memberikan kontribusi yang signifikan karena terjadinya perang harga paket data di pasar. Wilayah Jawa Barat yang merupakan wilayah terendah penetrasi penjualan produk Indosat dibandingkan Propinsi lain di Jawa,banyaknya produk yang harus dijual, tim yang terbatas dan adanya pengembangan jaringan 4G, menuntut Indosat lebih fokus dalam menerapkan segmentasi dan targeting untuk pemilihan wilayah prioritas dan pemilihan produk yang disampaikan ke masyarakat. “Segmentasi dan Targeting Pelanggan Prepaid Pada Micro Cluster PT. Indosat di Jawa Barat” adalah penelitian untuk mengetahui variabel dan indikator apa saja yang menjadi pertimbangan pemilihan wilayah prioritas suatu wilayah berdasarkan studi literature dan pendapat Expert, mengetahui produk apa yang akan menjadi fokus kegiatan penjualan dan marketing, strategi apa yang sebaiknya dilakukan untuk wilayah yang sudah ditentukan dan implementasi dari segmentasi tersebut. Penelitian ini adalah penelitian ekplorasi, menggunakan metode analisis Mixed Methods yaitu gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan variabel, indikator dan bobot dengan mendapatkan data dari para Expert / ahli melalui Focus Group Discussion. Metode kuantitatif digunakan untuk pengolahan data data primer penelitian yaitu Market Share Facebook, Revenue, Network occupancy, Network Capacity,Newsite dan Traffic, Data Demografi, Infrastruktur distributor dan data transaksi produk Ada enam varibel yang menjadi pertimbangan penentuan wilayah pemenangan suatu micro cluster di penelitian ini yaitu Market Share, Revenue, Network, Traffic, Distributor Infrastucture dan Demografi. Bobot masing-masing variabel dan indikator didapat dari expert melalui FGD. Didapatkan 6 type cluster akhir melalui yakni Grow,Grow+,Maximize, Maximize+,Extend dan Defend. Dihasilkan juga rangking wilayah dan produk untuk keperluan penggarapan pasar. Dengan adanya temuan 6 type cluster tadi diharapkan dapat berguna bagi akademisi dalam mengembangkan penelitian tentang segmentasi wilayah lewat clusterisasi dan berguna bagi praktisi dunia telekomukasi dalam menentukan wilayah dan produk prioritas.

        Kata Kunci: Segmentasi, Targeting, Micro Cluster, Telekomunikasi

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

SEGMENTASI DAN TARGETING PELANGGAN PREPAID PADA MICRO CLUSTER PT INDOSAT DI JAWA BARAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIDY WIBOWO
Perorangan
INDRAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini