PURWARUPA ANTENA REFLECTARRAY DEPLOYABLE UNTUK KOMUNIKASI DATA KECEPATAN TINGGI PADA STANDAR CUBESAT 3U

YOGA DIRGANTARA PUTRA

Informasi Dasar

20.04.889
621.382 54
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tel-U Sat 2 merupakan proyek penelitian satelit nano dari Univeritas Telkom melalui Laboratorium Satelit Nano yang mengorbit di Low Earth Orbit tepatnya pada ketinggian 500 km diatas permukaan bumi dengan salah satu misi nya yaitu high speed data communication dengan menggunakan frekuensi X Band. Dalam pelaksanaan misi ini, tentunya dibutuhkan High Gain Antenna (HGA) yang dapat mendukung komunikasi data kecepatan tinggi untuk mengirimkan data satelit menuju stasiun bumi dengan nilai BER yang diinginkan. Antena yang dirancang harus deployable agar dapat tersimpan dengan aman sebelum peluncuran dan ter deploy setelah satelit keluar dari launch canister serta memiliki dimensi yang dapat ditempatkan pada struktur Cubesat 3U.

      Salah satu jenis antena yang dapat digunakan untuk mendukung keberhasilan misi tersebut adalah antena reflectarray. Antena reflectarray merupakan HGA yang terdiri dari dua bagian, yaitu feed sebagai pencatu/pemancar gelombang elektromagnetik dan panel reflectarray sebagai reflektor yang berfungsi sebagai kolimator dari gelombang elektromagnetik yang datang. Kemudahan dalam fabrikasi dan perancangan serta biaya pembuatan yang minim merupakan kelebihan antena reflectarray.

      Dalam Tugas Akhir ini telah dirancang antena reflectarray sebagai purwarupa antena downlink misi high speed data communication dari Tel-U Sat 2. Antena yang dirancang memiliki dimensi yang dapat diimplementasikan pada struktur Cubesat 3U dan deployable. Hasil parameter yang telah dicapai dalam penelitian ini yaitu frekuensi: 8,2125 GHz, gain sebesar 14,177 dBi, pola radiasi unidireksional dan dimensi antena yang dapat diimplementasikan pada Cubesat 3U serta dapat di deploy namun tidak seluruhnya.

Kata Kunci: mikrostrip, reflectarray, deployable, cubesat 3U, HGA, satelit

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

PURWARUPA ANTENA REFLECTARRAY DEPLOYABLE UNTUK KOMUNIKASI DATA KECEPATAN TINGGI PADA STANDAR CUBESAT 3U
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOGA DIRGANTARA PUTRA
Perorangan
BUDI SYIHABUDDIN, EDWAR
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini