Website resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) adalah http://www.vsi.esdm.go.id dimana website tersebut digunakan untuk memberikan informasi seputar potensi gunung api dan bencana alam geologi. Setelah melakukan preliminary study dengan cara observasi pada pengguna website sebanyak 20 orang, terdapat beberapa permasalahan antara lain, masih ada pengguna yang merasa website sulit dipahami, fungsionalitas (navigasi) dari website masih membingungkan, tampilan website kurang menarik, website tidak menampilkan informasi yang mudah dimengerti, dan adanya fitur yang belum berfungsi. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan analisis kualitas website untuk mengetahui apakah website PVMBG sudah sesuai dengan kaidah penyajian situs web yang baik dan benar, apakah penyajian informasi dan layanan yang dimuat sudah memudahkan user, dan fokus penelitian ini dilihat dari sudut pandangan pengguna website PVMBG. Untuk melakukan pengukuran kualitas suatu website, metode yang digunakan adalah Webqual. Webqual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan presepsi pengguna yang mempunyai tiga komponen tolak ukur yaitu usability, information quality, dan service interaction. Webqual dipilih karena dianggap sesuai dengan permasalahan yang terdapat pada website PVMBG berdasarkan pada preliminary study yang dilakukan yaitu, (1) masih adanya pengguna yang merasa website sulit dipahami, (2) fungsionalitas (navigasi) dari website masih membingungkan dan (3) tampilan website kurang menarik dan (4) website tidak menampilkan informasi yang mudah dimengerti. Ketiga permasalahan pertama tersebut sesuai dengan domain dimensi usability, sedangkan permasalahan keempat sesuai dengan domain dimensi information quality. Keempat permasalahan website PVMBG tersebut diperbaiki menggunakan Feasibility Prototyping pada penelitian ini. Feasibility Prototyping dipilih karena memiliki sudut pandang yang sama dengan metode webqual yaitu menguji persepsi pengguna terhadap website yang diteliti. Dimensi service interaction tetap diuji pada penelitian ini, akan tetapi tidak mendapatkan peningkatan nilai yang signifikan, dikarenakan fokus penelitian ini adalah pada keempat permasalahan di atas yang berkaitan dengan dimensi usability dan information quality. Pada akhirnya, prototype hasil perbaikan website PVMBG dari penelitian ini, meningkatkan kualitas dari dimensi usability, information quality dan service interaction yaitu sebesar 17%, dari nilai rata-rata ketiga dimensi webqual 68,54% (baik) menjadi 85,27% (sangat baik).