Analisis Sentimen Terhadap Toko Online pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Maximum Entropy

IRVAN NUR APENDI

Informasi Dasar

100 kali
20.04.1055
300.285
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini sudah banyak situs-situs e-commerce yang ada di Indonesia. Selain itu, tidak sedikit masyarakat yang memberikan tanggapan atau ulasan tentang e-commerce tersebut kedalam media sosial. Salah satunya adalah dalam media sosial Twitter. Untuk mengetahui tanggapan sentimen masyarakat tentang e-commerce tersebut, diperlukan suatu analisis sentimen yang dapat mengukur sentimen masyarakat terhadap e-commerce tersebut. Dalam penelitian ini penulis melakukan analisis sentimen terhadap e-commerce dalam media sosial Twitter. Tanggapan dari masyarakat tersebut diklasifikasikan menjadi kelas positif, negatif, atau netral. Sistem yang dibangun menggunakan fitur pembobotan TF-IDF, seleksi fitur Information gain dan metode klasifikasi maximum entropy. Hasil pengujian yang terbaik dari seluruh skenario adalah dengan menggunakan pembobotan TF-IDF, penggunaan unigram dan seleksi fitur information gain dengan menggunakan data uji 10% menghasilkan nilai akurasi sebesar sebesar 73,15% dan F-1 Score sebesar 74,00%. Untuk masing-masing e-commerce, Lazada memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan e-commerce lainnya. Lazada memiliki tingkat akurasi sebesar 84,77% dan F-1 Score sebesar 76,16%.

Subjek

DATA ANALYSIS
 

Katalog

Analisis Sentimen Terhadap Toko Online pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Maximum Entropy
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRVAN NUR APENDI
Perorangan
ERWIN BUDI SETIAWAN, YULIANT SIBARONI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • CSH4G3 - PENAMBANGAN DATA
  • CSH4H3 - PENAMBANGAN TEKS
  • CII4I3 - PENAMBANGAN DATA
  • CPI4I3 - PENAMBANGAN DATA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini