PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL “TRAWAT;” UNTUK MENGURANGI PENGGUNAAN KOSMETIK ILEGAL DI KOTA BANDUNG

FAUZIAH ADULARIA ACYUTO

Informasi Dasar

20.04.1072
659.113
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perancangan ini bertujuan untuk mengedukasi serta mengurangi penggunaan kosmetik ilegal di kalangan wanita Kota Bandung. Menurut Chamid (2010), masyarakat Bandung memiliki kadar merkuri <5 ppm Hg akibat penggunaan kosmetik ilegal. Dengan hasil yang cepat dan putih bercahaya, krim ilegal dengan kandungan kimia berbahaya sangat mudah dibeli dan dikonsumsi. Dari teknik pengumpulan data kepada khalayak wanita usia 18-25 tahun dengan kecenderungan untuk memakai produk kosmetik sebanyak 47% dan mereka kurang mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari pemakaian kosmetik tersebut. Terdapat data dari BPOM yang mendukung (Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan) bahwa ditemukan kenaikan penemuan kosmetik ilegal pada online shop dan toko eceran di Kota Bandung itu sendiri pada tahun 2015. Efek yang dapat ditimbulkan dapat berupa kulit mengelupas, kemerahan, hingga kanker kulit dan gagal ginjal. Metode yang di pakai dalam kampanye ini adalah metode perancangan AISAS yang memiliki penjabaran Attention-Interest-Search-Action-Share untuk menyampaikan sebuah ideologi atau pesan ke target audiens. Hasil perancangan berupa kampanye dengan media tertata dari mulai brosur, ambient media, digital poster yang akan menggiring target audiens datang ke acara utama dari kampanye ini. Pada acara tersebut ka nada pengumpulan kosmetik ilegal atau tidak ber nomor BPOM hingga face filter untuk mengecek kadar racun dalam wajah mereka. Target audiens juga akan mendapatkan hampers dari sponsor brand lokal yang bekerja sama dengan kita sebagai apresiasi telah mengikuti kampanye ini.

Subjek

ADVERTISING CAMPAIGNS
 

Katalog

PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL “TRAWAT;” UNTUK MENGURANGI PENGGUNAAN KOSMETIK ILEGAL DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAUZIAH ADULARIA ACYUTO
Perorangan
IRA WIRASARI, SRI NURBANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini