Kebiasaan minum kopi diadopsi oleh masyarakat Indonesia sejak biji kopi dibawa oleh bangsa Belanda. Kebiasaan tersebut terus bertahan hingga saat ini dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Maka semakin banyak pula pabrik kopi modern dan café dengan berbagai macam cita rasa kopi dan olahannya. Animasi merupakan media yang digunakan dalam berbagai macam kebutuhan, salah satunya untuk penyampaian pesan dan informasi. “The Taste of Legendary Coffee” merupakan animasi pendek yang mengangkat mengenai pabrik Kopi Aroma yang terkenal legendaris di Bandung tepatnya di Jalan Banceuy karena masih beroperasi hingga saat ini sejak tahun 1930. Dalam perancangan animasi pendek “The Taste of Legendary Coffee” dibutuhkan concept art sebagai pondasi dalam perancangan karena merupakan elemen yang efektif dalam menyampaikan informasi dan pesan kepada audiens. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan deskripsi interpretative dari data yang didapat dari hasil observasi, studi literatur, kuesioner dan wawancara. Hasil dari perancangan ini adalah desain karakter, environment dan properti guna menyampaikan pesan-pesan yang informatif mengenai Pabrik Kopi Aroma.
Kata kunci: Animasi pendek, concept art, karakter, environment, properti, animasi pendek, art deco, kopi, pabrik kopi, Pabrik Kopi Aroma, Banceuy.