Di Telkom University terdapat UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) seni dan budaya Minang, bernama UKM Rumah Gadang. Perancangan ini di tujukan untuk UKM Rumah Gadang, yang pada setiap tahunnya menyelenggarakan Alek Rumah Gadang. Pada acara ini UKM Rumah Gadang selalu menawarkan produk merchandise berupa gantungan kunci, gelang, mug, jaket, kaos dan stiker. Melihat peluang ini penulis ingin memberikan inovasi untuk UKM Rumah Gadang untuk produk merchandise mereka. Dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh bentuk arsitektur dan ukiran Rumah Gadang atau gonjong. Penulis dapat menjadikannya sebagai objek dalam penelitian ini. Dengan melakukan proses observasi lapangan Rumah Gadang yang ada di Batusangka serta melakukan wawancara pada ketua Panitia acara Alek Rumah Gadang, ketua panitia sponsorship Alek Rumah Gadang dan Penampil Alek Rumah Gadang dapat disimpulkan perancangan ini adalah membuat motif baru untuk UKM Rumah Gadang sebagai hiasan produk merchandise baru yaitu totebag. Produk ini akan menjadi inovasi bagi UKM Rumah Gadang dalam Pembuatan Merchandise mereka.
Kata Kunci: Elegan, Alek, Rumah Gadang, Motif.