ABSTRAK
WoM Marketing dianggap cukup efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian dibandingkan media komunikasi lainnya. Riset Nielsen (di Amerika Serikat) pada perusahaan yang menggunakan WoMM menyimpulkan kepercayaan konsumen dalam melakukan pembelian terbentuk dari rekomendasi orang lain (keluarga, teman, kerabat, dll). Sehingga penelitian ini ingin mengetahui pengaruh WoMM terhadap keputusan pembelian konsumen (Survei pada konsumen D’Cost seafood sukajadi Bandung).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 120 responden dengan teknik accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan WoMM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Diamana WoMM mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 45%. Dan sisanya 55% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Implikasi manajerial, disarankan agar D’Cost dapat terus memperhatikan perihal yang mempengaruhi terjadinya penyebaran WoMM. D’Cost juga harus mampu menciptakan diferensiasi keunikan produk, kualitas dan memposisikan produk yang pantas dibeli, serta perlunya memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen sehingga membuat konsumen bahagia. Ini penting untuk memicu WoMM positif, karena dalam penyebaran WoMM konsumen yang memainkan peran dalam menentukan hal untuk dibicarakan.
Kata kunci : Word of Mouth Marketing, Keputusan Pembelian Konsumen.