PENGEMBANGAN MODUL 360 DEGREE PADA APLIKASI ASSESSMENT TOOL BERBASIS WEB

RAHKMAH NABILA

Informasi Dasar

20.04.1206
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perangkat lunak dikembangkan dalam bentuk proyek karena kelebihan yang dimiliki proyek, seperti pemanfaatan sumber daya manusia dan keuangan yang lebih sedikit, penghematan waktu, serta dampak positif pada tujuan strategi organisasi. Kegiatan pada pengembangan perangkat lunak melakukan kooperatif dan kolaborasi tim. Tim proyek pengembangan perangkat lunak adalah kegiatan human-centric yang melibatkan banyak ketidakpastian dan sering terjadi perubahan. Oleh karena itu, penyebab kegagalan dari tim proyek pengembangan perangkat lunak terletak pada faktor manusia. Kemampuan dalam menentukan peran dan menjalankan tugas serta komunikasi antar anggota tim proyek merupakan dua masalah utama SDM (Sumber Daya Manusia) yang menunjang keberhasilan proyek pengembangan perangkat lunak.

Untuk mengukur kemampuan manusia dalam menjalankan tugas dibutuhkan penilaian individu untuk mengukur kompetensi yang bisa dilakukan dengan wawancara, presentasi, simulasi, kuesioner. Kompetensi yang diukur dengan mengisi kuesioner yang meliputi hard competency dan soft competency. Oleh sebab itu, pada tugas akhir ini memberikan solusi dengan adanya sebuah platform aplikasi penilaian kinerja (assessment tools) yang bersifat produktif, rasional, dan obyektif.

Penilaian individu yang objektif bisa dilakukan dengan menggunakan metode 360 degree. Metode 360 degree merupakan penilaian berbagai sumber seperti penilaian dari atasan, bawahan, kolega kerja, dan penilaian diri sendiri. Oleh karena itu, tugas akhir ini akan mengembangkan modul 360 degree pada aplikasi assessment tool berbasis web. Pada arsitektur web menggunakan konsep MVC (Model View Controller). Serta framework yang digunakan yaitu Laravel karena memiliki banyak fitur. Aplikasi ini dibangun menggunakan Collaboration Model of Software Development sebagai metodologi pengembangan sistem. Dengan adanya aplikasi ini, organisasi dapat mengetahui kinerja individu dari berbagai sumber seperti penilaian atasan, bawahan, rekan kerja, dan diri sendiri. Sehingga akan lebih efektif dan objektif untuk mengetahui kinerja individu sesuai perilaku dalam bekerja supaya mencapai kesuksesan pada proyek pengembangan perangkat lunak

Kata kunci: aplikasi penilaian pegawai, metode 360 degree, rekayasa perangkat lunak, model kolaborasi, pengembangan perangkat lunak.

Subjek

Enterprise Application Development
 

Katalog

PENGEMBANGAN MODUL 360 DEGREE PADA APLIKASI ASSESSMENT TOOL BERBASIS WEB
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHKMAH NABILA
Perorangan
TIEN FABRIANTI KUSUMASARI, M. AZANI HASIBUAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini