PENCARIAN PRODUK TERLARIS PADA E-COMMERCE GUNA MENGETAHUI TINGKAT PERSAINGAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING K-MEANS

ARIEF MAULANA

Informasi Dasar

20.04.1263
621.39
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

E-Commerce merupakan sebuah sistem baru dalam jual beli, pembeli dan penjual dapat melakukan transaksi dengan mudah pada aplikasi. Kini banyak penjual lebih memilih beralih ke sistem E-Commerce, dengan banyaknya penjual tentu saja persaingan pun semakin tinggi. Penjual harus memahami strategi penjualan pada E-Commerce, salah satu diantara-Nya adalah mengetahui tren produk dan tingkat persaingan produk yang dijual. Namun dikarenakan banyaknya penjual, mendapatkan tren produk dan menganalisis persaingan produk sangat sulit dan tidak mudah bahkan memakan banyak waktu, dengan menggunakan data mining menganalisis hal ini dapat dilakukan dengan mudah dibandingkan dengan menganalisis manual.

Pada penerapannya algoritma data mining yang digunakan terutama pada pengelompokan atau clustering yaitu k-Means, yaitu teknik di mana nilai K-Nya ditentukan terlebih dahulu, dan mengidentifikasi kelompok K objek berdasarkan dekatnya objek tersebut dengan pusat kelompok. Untuk kumpulan datanya diambil dari salah satu E-Commerce di mana datanya dari ulasan pembeli menggunakan web scrapping.

Untuk implementasinya akan berbasis website, pengguna akan memasukkan sebuah kata kunci pencarian produk seperti nama produk, kategori produk dan rentang tanggal. Sistem akan memvisualisasikan grafik tren dan menunjukkan total penjualan.

Kata Kunci : E-Commerce, Data Mining, K-Means, Web, Analisis Produk.

Subjek

COMPUTER APPLICATIONS
 

Katalog

PENCARIAN PRODUK TERLARIS PADA E-COMMERCE GUNA MENGETAHUI TINGKAT PERSAINGAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING K-MEANS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIEF MAULANA
Perorangan
BURHANUDDIN DIRGANTORO, SURYA MICHRANDI NASUTION
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • CEG2C3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • CEG3C3 - DESAIN BASIS DATA
  • CEG3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • CEG2A3 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
  • MA2513 - PROBABILITAS DAN STATISTIKA
  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini