Penelitian ini dilatar belakangi dari minat mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis dalam berwirausaha. Permasalahan tersebut didasari dengan hasil pra survei yang menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University yaitu pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan lingkungan keluarga yang mendapatkan tanggapan paling besar dari responden. Selain itu, Fakultas Komunikasi dan Bisnis sendiri telah mempunyai Lab Retailpreneur untuk memfasilitasi mahasiswanya dalam berwirausaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuisioner dan sekunder data dari buku, catatan, atau artikel. Dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dan teknik simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis resgresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha sebesar 42,7% dan sisanya sebesar 57,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : Lingkungan Keluarga, Motivasi Berwirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan.