Telemetri dan Kendali pada Tanki Fluida

TITO NAUFAL GHIFARY

Informasi Dasar

20.04.1321
537
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fluid Level Control adalah sebuah sistem kendali yang berfungsi mengatur ket- inggian fluida pada sebuah tanki. Dalam realisasinya, Fluid Level Control diterap- kan sebagai alat peraga sistem kendali dalam praktikum sistem kendali digital. Saat ini, alat peraga yang banyak dijual oleh pabrik harganya cukup mahal, dan sistem kendalinya masih bersifat komunikasi serial. Oleh karenanya Fluid Level Control ini hadir sebagai alternatif dengan konsep kendali menggunakan Internet Of Things (IoT), sehingga mekanisme kendali fluida dapat dilakukan secara jarak jauh. Sis- tem berjalan menggunakan kendali PID ganda dengan prinsip kendali hibrida untuk mengatur gerak pompa fluida.

Dalam implementasinya, proses kendali ini menggunakan sistem kerja loop ter- tutup. Berbeda dengan PID konvensional, pengendali PID ganda bekerja dalam dua kondisi. Pertama saat nilai error kurang dari 1 cm, dan kedua saat error lebih dari 1 cm. Sedangkan untuk telemetrinya, menggunakan modul Wemos D1 Mini. Se- hingga, nilai aktual ketinggian fluida dapat ditampilkan pada smartphone maupun PC melalui web.

Hasil penelitian menggunakan metode PID ganda dengan parameter nilai kon- stanta PID Kp1=300,Kp2=225, dan Ki=67.5, serta menggunakan filter average, per- forma sistem berjalan dengan baik pada saat setpoint 15cm dengan error rata-rata sebesar 0.63% dan paling kokoh pada saat diberi gangguan pada setpoint 8cm. Se- hingga, sistem dapat digunakan sebagai alternatif alat peraga sistem kendali digital dengan harga yang lebih murah. Sistem ini juga dapat lebih user frendly, karena nilai setpoint ketinggian fluida, serta konstanta PID dapat diatur dari web.

Subjek

ELECTRIC ENGINEERING
 

Katalog

Telemetri dan Kendali pada Tanki Fluida
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TITO NAUFAL GHIFARY
Perorangan
AGUNG SURYA WIBOWO, MUH. ZAKIYULLAH R
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • EL2323 - DASAR SISTEM KONTROL
  • EL3313 - KONTROL DIGITAL
  • ELG3D3 - MIKROKONTROLLER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini