PENGARUH PROGRAM GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH GENERASI MILLENIAL (Studi Kasus Pada Produk Indomilk, PT.INDOLAKTO)

KHUROTUL AENI WIDYA PRATIDHINA

Informasi Dasar

20.04.1335
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persoalan sampah menjadi tugas kewajiban semua orang. Indonesia merupakan penyumbang sampah No. 2 didunia. Terdapat 5 jenis sampah yang sering ditemukan, salah satunya adalah sampah kemasan. Produk Indomilk menjadi salah satu penyumbang jenis sampah kemasan, dikarenakan pada produk Indomilk masih menggunakan jenis kemasan yang tidak bisa teruai. Berdasarkan survei college explorer, generasi millenial yang salah satunya berprofesi sebagai mahasiswa menyukai produk yang ramah lingkungan. Hal ini menjadi salah satu fenomena yang menarik untuk diteliti. Peneliti telah melakukan pra survei kepada generasi millenial, mahasiswa, menyukai kemasan produk yang ramah lingkungan. Dari segi promosi, Indomilk masih dapat dikatakan kurang dalam mengkomunikasikan program hijau. Berdasarakan pra survei yang telah dilakukan, sekitar 6,67% responden yang mengetahui adanya program hijau tersebut. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui tanggapan generasi millenial terhadap program green marketing yang dilakukan oleh Indomilk, mengetahui keputusan pembelian oleh generasi millenial pada produk Indomilk, dan untuk mengetahui pengaruh program green marketing terhadap keputusan pembelian pengaruh green marketing oleh generasi millenial pada produk Indomilk, PT. INDOLAKTO. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif. Responden yang diteliti pada penelitian ini berjumlahkan 100 orang yang merupakan generasi millenial dan pernah mengkonsumsi serta membeli produk Indomilk, sehingga menggunakan teknik purposive sampling. Hasil daripada penelitian ini, green marketing yang memiliki dimensi green product, green price, green place, dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara signifikan dengan besar pengaruh 51,7%. Kesimpulan pada penelitian ini Pelaksanaan green marketing di Indomilk secara keseluruhan masuk kedalam kategori “Baik” dikarenakan kemasan produk Indomilk dapat didaur ulamg, harga yang ditawarkan relatif standart, banyak gerai yang meyediakan produk Indomilk, dan responden menganggap Indomilk sudah gencar dalam mempromosikan produknya. Tanggapan generasi millenial terhadap green marketing yang dilakukan oleh Indomilk cenderung positif, dalam arti kata generasi millenial mendukung program penghijauan yang dilakukan Indomilk. Keputusan pembelian oleh generasi millenial secara keseluruhan masuk kedalam kategori “Baik”, generasi ini berasumsi bahwa produk Indomilk dapat memenuhi kebutuhannya dan merasa senang dengan membeli produk Indomilk, secara tidak langsung ikut serta dalam mendukung program hijau yang telah dilakukan Indomilk. Solusi yang dapat diajukan kepada Indomilk, PT. INDOLAKTO ialah mengurangi penggunaan bahan kemasan yang susah terurai, meningkatkan komunikasi program hijau kepada masyarakat sehingga masyarakat semakin tahu program hijau yang dilakukan dan dapat ikut serta dalam pelaksanaan program tersebut, melakukan program R lainnya seperti Reuse, Rethink, Replace, Refuse, Repair, Refill, dsb dalam pelaksanaan bisnis.

Kata kunci: Green marketing, keputusan pembelian, generasi millenial, Indomilk

Subjek

STRATEGI PEMASARAN
 

Katalog

PENGARUH PROGRAM GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH GENERASI MILLENIAL (Studi Kasus Pada Produk Indomilk, PT.INDOLAKTO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHUROTUL AENI WIDYA PRATIDHINA
Perorangan
IMANUDDIN HASBI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini