REPRESENTASI CITRA DIRI B.J. HABIBIE PADA IKLAN SURAT KABAR (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Iklan Dukacita B.J. Habibie pada Surat Kabar Republika)

EVA LESTARI SEMBIRING

Informasi Dasar

99 kali
20.04.1346
401.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Iklan dukacita Habibie yang ditemukan dalam Surat Kabar Republika merupakan salah satu iklan yang digunakan untuk menginformasikan dan memberitahukan. Penelitian yang berjudul “Representasi Citra Diri pada Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Iklan Dukacita B.J. Habibie dalam Surat Kabar Republika)” ini menganalisis bagaimana representasi citra diri Habibie dilihat melalui sebuah iklan dukacita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra diri Habibie melalui iklan dukacita yang dilihat melalui tiga konsep yaitu konsep denotasi, konsep konotasi dan mitos dalam Semiotika Roland Barthes. Untuk mencapai tujuan penelitian, penulis menggunakan paradigma kritis dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan analisis Semiotika Roland Barthes. Fokus yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra diri Habibie dalam iklan dukacita. Hasil penelitian ini adalah citra diri Habibie terlihat melalui tanda yang ada dalam iklan. Tanda-tanda tersebut yaitu baju koko, peci, kacamata, pesawat kertas dan teks yang ada dalam iklan. Tanda-tanda tersebut akan dianalisis melalui makna denotasi, konotasi, dan mitos. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Habibie direpresentasikan sebagai orang Indonesia yang religius dan taat beragama, Habibie terlihat sudah tua dan memilki sifat yang ramah terhadap orang, dan Habibie merupakan seorang cendekiawan atau sering disebut dengan Bapak Teknokrat. Beliau merupakan orang yang pemikir, pekerja keras, disiplin dan pantang menyerah.

Kata kunci : Representasi, Citra Diri, Iklan, Semiotika Roland Barthes

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

REPRESENTASI CITRA DIRI B.J. HABIBIE PADA IKLAN SURAT KABAR (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Iklan Dukacita B.J. Habibie pada Surat Kabar Republika)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EVA LESTARI SEMBIRING
Perorangan
HADI PURNAMA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini