PENGARUH SUPPORTING ENVIRONMENTAL PROTECTION, DRIVE FOR ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY, GREEN PRODUCT EXPERIENCE, ENVIRONMENTAL FRIENDLINESS OF COMPANIES, DAN SOCIAL APPEAL TERHADAP GREEN PRODUCT PURCHASE DECISIONS

NADIA TRIANA SIRADJ

Informasi Dasar

20.04.1412
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh manusia, menjadikan masyarakat lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya. Perkembangan produksi dan konsumsi produk hijau telah menjadi tren global dimana konsumen pada akhirnya akan mengubah perilaku pembelian menjadi lebih terbuka pada produk hijau. Innisfree berpeluang menghadirkan produk kecantikan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Namun, ketertarikan masyarakat Indonesia dalam membeli produk Innisfree karena tren kecantikan ala Korea seiring masuknya pengaruh Korean Wave di Indonesia. Menurut penelitian faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk hijau (green product Purchase decisions) adalah mendukung perlindungan lingkungan (supporting environmental protection), dorongan tanggung jawab pada lingkungan (drive for environmental responsibility), pengalaman produk ramah lingkungan (green product experience), peranan perusahaan yang ramah lingkungan (environment friendliness of companies), dan pengaruh secara sosial (social appeal). Supporting environmental protection adalah bentuk dukungan untuk berperilaku ramah lingkungan, drive for environmental responsibility adalah tanggung jawab lingkungan terkait dengan komitmen pribadi konsumen terhadap masalah perlindungan lingkungan, green product experience adalah keingintahuan konsumen untuk mendapatkan pengetahuan produk hijau, environment friendliness of companies merupakan cara perusahaan mengatasi masalah, merancang produk dengan dampak yang lebih kecil terhadap lingkungan, social appeal adalah pengaruh pendapat orang lain pada produk yang dipilih konsumen dan green product purchase decision adalah keputusan dengan mempertimbangkan konsekuensi pada lingkungan dari pola konsumsi, bermaksud mengubah perilaku pembelian dan konsumsi konsumen untuk mengurangi dampak lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kausal, pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling jenis purposive sampling, dengan jumlah responden adalah 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda menggunakan software SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menyatakan bersarnya pengaruh Supporting environmental protection (X1) terhadap Green Product Purchase Decision (Y) secara parsial adalah sebesar 13,1%, besarnya pengaruh Drive for environmental responsibility (X2) terhadap Green Product Purchase Decision (Y) secara parsial adalah sebesar 21,1%, besarnya pengaruh Green product experience (X3) terhadap Green Product Purchase Decision (Y) secara parsial adalah sebesar 14,9%, besarnya pengaruh Environmental friendliness of companies (X4) terhadap Green Product Purchase Decision (Y) secara parsial adalah sebesar 2,8%, besarnya pengaruh Social Appeal (X5) terhadap Green Product Purchase Decision (Y) secara parsial adalah sebesar 17,2%. Pengaruh secara simultan Supporting Environmental Protection, Drive for Environmental Responsibility ,Green Product Experience , Environmental Friendliness of Companies ,dan Social Appeal terhadap Green Product Purchase Decision sebesar 69,1%. Sisanya sebesar 30,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Supporting environmental protection, Drive for environmental responsibility ,Green product experience , Environmental friendliness of companies , Social Appeal, Green Product Purchase Decisions.

Subjek

GREEN MARKETING
 

Katalog

PENGARUH SUPPORTING ENVIRONMENTAL PROTECTION, DRIVE FOR ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY, GREEN PRODUCT EXPERIENCE, ENVIRONMENTAL FRIENDLINESS OF COMPANIES, DAN SOCIAL APPEAL TERHADAP GREEN PRODUCT PURCHASE DECISIONS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIA TRIANA SIRADJ
Perorangan
IMANUDDIN HASBI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini