PENGARUH FINANCIAL SOCIALIZATION DAN FINANCIAL EXPERIENCE TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (Studi Pada Wanita Bekerja di Kota Bandung)

ANNISA SAFITRI

Informasi Dasar

20.04.1415
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Wanita memegang peranan penting dalam mengelola keuangan. Selain mengelola keuangan pribadi, wanita juga harus mengelola keuangan keluarganya. Oleh karena itu dibutuhkan perilaku manajemen keuangan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui financial management behavior dari Wanita Bekerja di Kota Bandung. Wanita Bekerja dipilih karena sudah memiliki penghasilan setiap bulannya sehingga memiliki tanggungjawab untuk mengelola keuangan dengan baik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 400 responden yang merupakan Wanita Bekerja di Kota Bandung. Variabel bebas terdiri dari financial socialization dan financial experience, sedangkan variabel terikat adalah financial management behavior. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan skala likert sebagai skala pengukuran. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah incidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modeling- Partial Least Square (SEM-PLS) dan diolah menggunakan software SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian financial socialization terhadap financial management behavior memiliki nilai tstatistik sebesar 25,220> nilai ttabel sebesar 1.96 berarti variabel financial socialization berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial management behavior, kemudian variabel financial experience terhadap financial management behavior memiliki nilai tstatistik tstatistik sebesar 1,641< nilai ttabel sebesar 1.96 berarti variabel financial experience tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel financial management behavior. Variabel financial socialization dan financial experience berpengaruh terhadap variabel financial management behavior sebesar 62,2% dan secara parsial variabel financial socialization berpengaruh terhadap variabel financial management behavior sebesar 78,3% sedangkan variabel financial experience tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel financial management behavior.

Kata Kunci : Financial Socialization, Financial Experience, Financial Management Behavior

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH FINANCIAL SOCIALIZATION DAN FINANCIAL EXPERIENCE TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR (Studi Pada Wanita Bekerja di Kota Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA SAFITRI
Perorangan
BUDI RUSTANDI KARTAWINATA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini