Dalam kemajuan teknologi saat ini, sistem pembayaran telah merubah peranan uang
tunai ke dalam bentuk pembayaran non tunai yang lebih efektif dan efisien. Berbagai
perusahaan mulai bergerak menciptakan pembayaran non tunai termaksud PT
Pertamina dengan menciptakan My Pertamina. Namun, masih terdapat berbagai
kendala seperti pembelian BBM masih di dominasi oleh transaksi tunai dengan
presentase 97% dan dengan aplikasi My Pertamina hanya sebesar 3%, My Pertamina
dianggap tidak sejalan dengan larangan penggunaan handphone di SPBU, adanya
kendala aplikasi My Pertamina yang sulit dibuka, banyaknya SPBU yang belum bisa
memakai LinkAja!, pendaftaran akun yang sering kali gagal, transaksi yang sukses
dengan My Pertamina namun poin nya tidak bertambah, aplikasi seringkali error dan
bug, saldo tetap terpotong walaupun transaksi gagal.
Dengan adanya permasalahan tersebut, ada berbagai faktor yang membuat
masyarakat berpindah hati menggunakan sistem pembayaran non tunai, yaitu:
Manfaat, Kepercayaan, Efikasi Diri, Kemudahan Penggunaan dan Keamanan. Faktorfaktor tersebut adalah variabel bebas dalam penelitian ini yang akan dikaitkan dengan
variabel terikat Persepsi Konsumen mengenai My Pertamina di kota Bandung. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah
deskriptif-kausalitas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100
responden dengan teknik sampling menggunakan non-probability sampling yang
meliputi purposive sampling. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis
deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data yang didapat diolah
dengan bantuan software statistik IBM SPSS Versi 24.
Berdasarkan hasil uji f, dapat disimpulkan bahwa variabel Benefits (X1), Trust
(X2), Self-efficacy (X3), Ease of Use (X4), dan Security (X5) berpengaruh signifikan
terhadap persepsi konsumen pada My Pertamina. Hal ini dibuktikan dengan Hasil
Fhitung (75,964) > Ftabel (2,31) dengan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05. Berdasarkan
hasil uji t, didapat bahwa variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi
konsumen pada My Pertamina yaitu variabel ease of use. Berdasarkan koefisien
determinasi didapat bahwa pengaruh dari semua variabel sebesar 80,2% dan sisanya
sebesar 19,8% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kesimpulan penelitian ini, berdasarkan hasil penelitian dari analisis deskriptif
menunjukan bahwa variabel Benefits (X1), Trust (X2), Self-efficacy (X3), Ease of Use
(X4), dan Security (X5) berada pada kategori sangat baik.