Sosial media merupakan alat komunikasi yang memiliki peran penting untuk berbagi informasi yang digunakan oleh orang berbagai kalangan. Salah satu sosial media yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia adalah Instagram. Instagram banyak digunakan perusahaan kecil maupun besar untuk menjalin hubungan dengan konsumen, menyampaikan informasi, mencari tahu tren dan keinginan konsumen, serta membangun merek (branding). Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh tipe post terhadap online engagement di lima coffee shop di Bandung dan bagaimana pengaruh waktu posting terhadap online engagement di lima coffee shop tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan rekomendasi pengelolaan posting di lima akun coffee shop untuk meningkatkan online engagement.
Penelitian ini menggunakan data post yang diunggah oleh lima akun Instagram coffee shop dari bulan September 2018 hingga Agustus 2019 untuk dijadikan objek penelitian. Post yang dianalisis dalam penelitian ini berjumlah 448 post. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji beda Kruskal Wallis dan Post Hoc.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tipe post dan waktu posting pada variabel bulan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap online engagement, sedangkan hari tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap like dan komentar. Bulan yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap like dan komentar adalah bulan Januari, Mei, Juni, dan Agustus. Tipe post informasi memiliki pengaruh paling signifikan terhadap like dan komentar dibandingkan dengan tipe post lainnya.
Kata Kunci: Sosial Media, Instagram, Online Engagement, Kruskal Wallis, Post Hoc, Coffee Shop.