PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, RISIKO BISNIS DAN AKTIVITAS PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Pada Perusahaan Subsektor Perdagangan Besar yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018)

MELINDA RUBIYANA

Informasi Dasar

20.04.1485
657.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam perusahaan, struktur modal merupakan aspek yang sangat penting untuk kelancaran usaha bisnisnya. Struktur modal yang terbagi menjadi modal internal dan modal eksternal harus dikelola dengan baik agar menjadi struktur modal yang optimal. Di perusahaan sub sektor perdagangan besar, sebagian besar perusahaan menggunakan modal eksternal sebagai sumber dana perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan lebih cenderung menggunakan hutang untuk mendanai semua kegiatan operasional. Hal ini dapat dikatakan baik apabila perusahaan tetap memperhatikan risiko dalam menggunakan hutang Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (ROA), struktur aktiva (SA), pertumbuhan perusahaan (GROWTH), risiko bisnis (BEPR), dan aktivitas perusahaan (TATO) terhadap struktur modal baik secara simultan maupun parsial. Popoulasi dalam penelitian ini adala Perusahaan sub sektor perdagangan besar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2018. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 21 perusahaan. Model penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9.0. Berdasarkan hasil pengujian, variabel profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis, aktivitas perusahaan dan struktur modal menunjukkan sifat data yang berbeda-beda. Pada variabel profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis dan struktur modal mempunyai sifat data yang bervariasi. Sedangkan variabel struktur aktiva dan aktivitas perusahaan mempunyai sifat data yang berkelompok. Dari penelitian ini didapatkan hasil kombinasi antara variabel independen profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis, dan aktivitas perusahaan mampu menjelaskan variasi dari variabel independen yaitu struktur modal sebesar 9.5083% dan sisanya 90,4917% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Selain itu profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis, dan aktivitas perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Secara parsial dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Struktur aktiva berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan profitabilitas, risiko bisnis, dan aktivitas perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal.

Kata Kunci: Struktur Modal, Profitabilitas, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Perusahaan, Risiko Bisnis, Aktivitas Perusahaan

Subjek

CAPITAL STRUCTURE OF COMPANIES
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, RISIKO BISNIS DAN AKTIVITAS PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Pada Perusahaan Subsektor Perdagangan Besar yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MELINDA RUBIYANA
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini