PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL PERFORMANCE DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

WIMA RIZKY AQMALIA

Informasi Dasar

20.04.1486
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laba yang maksimal merupakan tujuan berdirinya setiap perusahaan. Untuk mengukur keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut, perusahaan memerlukan tolak ukur yang disebut sebagai kinerja keuangan perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan ialah acuan perusahaan yang mampu menggambarkan tingkat pencapaian tujuan perusahaan. Tingginya kinerja keuangan mengindikasikan bahwa perusahaan memanfaatkan asetnya secara efisien sehingga bisa menghasilkan laba yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan dalam aspek profitabilitas menggunakan Return on Assets (ROA) dan menguji faktor-faktor yang mempengaruhinya, antara lain intellectual capital performance yang diukur menggunakan metode EVAIC Plus dan investment opporunity set yang diukur menggunakan proksi gabungan berbasis investasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Intellectual capital performance dapat mengukur tingkat keefisienan perusahaan dalam mengelola intellectual capitalnya. Investment opportunity set yang diukur menggunakan gabungan proksi investasi dapat digunakan untuk menganalisis potensi pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang. Berdasarkan metode purposive sampling, total sampel penelitian adalah 75 data penelitian terdiri dari 15 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun yaitu tahun 2014-2018. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intellectual Capital Performance dan Investment Opportunity Set secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan. (2) Secara parsial Intellectual Capital Performance dan Investment Opportunity Set berpenggaruh terhadap Kinerja Keuangan. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan disarankan untuk dapat memaksimalkan intellectual capital performance dan investment opportunity set agar dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan karena semakin tinggi nilai intellectual capital performance dan investment opportunity set maka semakin tinggi pula kinerja keuangan perusahaan.

Kata kunci: kinerja keuangan, intellectual capital performance, investment opporunity set

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL PERFORMANCE DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIMA RIZKY AQMALIA
Perorangan
MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini