PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, JENIS INDUSTRI, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KOMISARIS WANITA TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014- 2018)

RENI FEBRIANA

Informasi Dasar

20.04.1490
657.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan modal intelektual merupakan suatu cara yang digunakan untuk melaporkan nilai tak berwujud perusahaan. Dengan adanya inovasi, pengetahuan serta keterampilan yang optimal akan menciptakan value added bagi perusahaan, sehingga akan menciptakan keunggulan kompetitif yang sustainable (berkelanjutan). Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, ukuran perusahaan, jenis industri, kepemilikan institusional dan komisaris wanita terhadap pengungkapan modal intelektual, baik secara simultan maupun parsial. Populasi pada penelitian ini yaitu pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Sampel yang dihasilkan sebanyak 190 sampel dengan menggunakan purposive sampling. Namun, terdapat 11 data outlier yang mengganggu, sehingga data penelitian yang digunakan sebanyak 179 data. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa leverage, ukuran perusahaan, jenis industri, kepemilikan institusional dan komisaris wanita berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan modal intelektual. Secara parsial, ukuran perusahaan dan jenis industri berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual, sedangkan leverage, kepemilikan institusional dan komisaris wanita tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual. Peneliti selanjutnya dapat menguji kembali variabel yang berpengaruh dengan proksi yang berbeda. Ukuran perusahaan dapat menggunakan proksi modal dan kapitalisasi pasar. Kemudian bagi perusahaan untuk memerhatikan tingkat risiko keuangan yang tinggi. Bagi investor sebaiknya memerhatikan jumlah aset serta jenis industri yang dapat meningkatkan pengungkapan modal intelektual perusahaan yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan investasi. Kata kunci : pengungkapan modal intelektual , leverage, ukuran perusahaan, jenis industri, kepemilikan institusional dan komisaris wanita.

Subjek

Capital
 

Katalog

PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, JENIS INDUSTRI, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KOMISARIS WANITA TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014- 2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RENI FEBRIANA
Perorangan
MAJIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini