Internet menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan adanya internet menjadikan e-commerce semakin marak. E-commerce Bukalapak merupakan salah satu e-commerce asal Indonesia dan menjadi e-commerce dengan peringkat cukup tinggi dalam industri e-commerce di Indonesia. Persaingan yang ketat menjadikan tiap e-commerce di Indonesia harus memiliki keunggulan kompetitif supaya dapat meningkatkan pengunjung situs e-commerce dan loyalitas dari pengguna karena loyalitas pengguna sangat diperlukan sehingga dapat terus bersaing dan bertahan di industri e-commerce. Namun, dalam menciptakan kepercayaan dan loyalitas pengguna dalam melakukan transaksi online di suatu e-commerce, banyak yang harus dipertimbangkan seperti keamanan atau tampilan dalam situsnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan terkait dengan variabel perceived reputation, perceived size, user interface quality, information quality, perceived security, perceived privacy, trust, dan satisfaction. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebesar 400 responden dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan terdapat uji validitas dan reliabilitas untuk mengukur kepantasan dari sebuah kuesioner dengan hasil semua item pertanyaan valid dan reliabel.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat hubungan antara perceived reputation, perceived size, information quality, perceived security, perceived privacy terhadap trust, trust terhadap satisfaction, trust terhadap loyalty, dan satisfaction terhadap loyalty. Sedangkan user interface quality tidak memiliki pengaruh positif terhadap trust.
Kata Kunci: e-commerce, kepercayaan, kepuasan, loyalitas