Traveloka merupakan salah satu situs e-commerce di Indonesia yang yang menyediakan layanan penjualan tiket pesawat, tiket kereta, tiket bis, tiket shuttle, tiket aktivitas & rekreasi dan juga pemesanan kamar hotel. Traveloka masuk ke dalam 4 Startup Unicorn Indonesia dan menjadi aplikasi travelling yang paling banyak dipakai hari ini. Dengan jumlah pengguna yang banyak, masih terdapat ancaman keamanan informasi diantaranya; phising yang dapat merugikan pengguna dan criminal pada dunia maya selalu menemukan cara baru merekan untuk melakukan tindakan criminal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran keamanan informasi pada pengguna e-commerce Traveloka berdasarkan demografi (jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan, tingkat pendapatan dan tingkat pengeluaran) sementara itu indikator kesadaran yang digunakan meliputi basic, technical, advocacy dan responsiveness. Penelitian ini menggunakan teknik data analisis seperti cross tabulation dan chi-square, untuk melihat proporsi dan perbedaan dari tingkat kesadaran keamanan informasi berdasarkan kategori demografi dari pengguna Traveloka.
Peneliti menyimpulkan bahwa beberapa item pada information security awareness pada pengguna e-commerce Traveloka terpengaruhi oleh indikator demografi. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan untuk pengguna e-commerce Traveloka agar lebih memperhatikan proses transaksi pada media online dengan baik.
Kata Kunci: E-commerce, Information Security Awareness, Demografi, Traveloka.