Pengungkapan Corporate Social Responsibility penting untuk diungkapkan oleh pihak perusahaan karena informasi tersebut akan menjadi bukti bahwa perusahaan telah menjalankan aktivitas tanggung jawab sosialnya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Studi ini dilakukan pada 8 perusahaan sektor pertambangan yang ditentukan dengan metode purposive sampling dengan periode tahun 2013-2018, menggunakan metode Analisis Regresi Data Panel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan ukuran dewan komisaris berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Secara parsial profitabilitas dan leverage berpengaruh kearah negatif, ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.
Berdasarkan hasil penelitian ini perusahaan diharapkan dapat meningkatkan pengungkapan CSR dan meningkatkan tingkat kepedulian terhadap lingkungan, masyarakat dan karyawan serta memperhatikan tingkat leverage. Bagi investor untuk mempertimbangkan pengungkapan CSR sebagai penilaian sebelum melakukan kegiatan investasi.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris.