PT ABC merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan produk dan layanan telekomunikasi, informatika, dan jaringan dengan sasaran untuk menjadi salah satu dari 10 perusahaan di Asia Pasifik dengan kapitalisasi pasar terbesar di industri telekomunikasi pada tahun 2020. Produktivitas karyawan semakin penting untuk menjadi landasan tercapainya tujuan perusahaan. Namun, pada PT ABC terdapat masalah pada tingkat engagement karyawan yang berkurang dari nilai 84.49% menjadi 81.50% yang disebabkan beberapa faktor seperti halnya pada tingkat engagement generasi-z dan millennial-y yang cenderung memiliki tingkat engagement lebih rendah daripada generasi sebelumnya. Sedangkan untuk mencapai tujuan perusahaan, diketahui karyawan yang memiliki engagement dan kepuasan yang tinggi terhadap perusahaan akan cenderung akan mempunyai rasa dan ikut andil terhadap perusahaan sehingga akan memacu untuk bekerja lebih produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang program peningkatan employee engagement & satisfaction.
Pada penelitian kali ini, menggunakan model dari konsultan Aon Hewitt dalam perancangan alat ukur yang dilakukan terhadap 30 orang karyawan. Alat ukur ini digunakan untuk mengukur tingkat engagement dan kepuasan. Setelah mendapatkan hasil dari pengukuran tingkat engagement dan kepuasan, Selanjutnya dilakukan analisis pada perancangan program peningkatan employee engagement menggunakan metode PDBO.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai tingkat engagement pada PT ABC dapat membuat rancangan program employee engagement dengan mengacu pada beberapa aspek yang memiliki nilai yang rendah yaitu sebesar 5.77 (leadership), 7.13 (the work), dan 5.70 (the basic). Sehingga dapat ditetapkan rancangan program employee engagement yaitu Fast Feedback, Goals, serta Points.