Industri kerajinan sepatu Cibaduyut khususnya pada Catenzo mengalami penurunan yang cukup signifikan dari beberapa aspek dalam jangka waktu tahun 2017 sampai dengan tahun 2019, padahal sejak awal berdirinya sentra kerajian sepatu Cibaduyut selalu mengalami peningkatan. Disisi lain, peningkatan minat masyarakat terhadap sepatu buatan dan bermerk lokal sedang meningkat cukup signifikan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang tepat bagi Catenzo dalam mengatasi kondisi dan permasalahan untuk menghadapi persaingan pada industri sepatu lokal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dengan narasumber yang memiliki posisi penting didalam perusahaan. Teknik analisis data menggunakan Eksternal Factor Analysis (EFE), Internal Factor Analysis (IFE), Internal-Eksternal Matrix (IE), SWOT Matriks dan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa total skor EFE berjumlah 3.15 sedangkan total skor IFE berjumlah 3.30. Maka kedua skor diatas termasuk kedalam sel 1 dalam matriks IE. Artinya saat ini Catenzo ada pada posisi berkembang dan membangun (Growth and Build). Strategi yang sebaiknya dijalankan adalah integrasi vertikal hulu-hilir dengan penguatan elemen internal dan pemanfaatan elemen eksternal agar proses bisnis dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Upaya tercepat yang penulis sarankan adalah mempelajari proses bisnis online pada marketplace seperti tokopedia atau shopee sebagai sarana penjualan dan pemasaran online agar dapat menghadirkan kemudahan bagi para konsumen dan dapat memperluas jangkauan pasar secara online.