Dilatarbelakangi oleh masalah jumlah sampah terutama sampah plastik yang sangat mengkhawatirkan di Indonesia, juga kandungan berbahaya yang dibawanya. Instagram, sebagai media sosial ketiga terbanyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini bukan hanya digunakan untuk berbagi foto dan video melainkan dapat juga menjadi wadah untuk kampanye gerakan pengurangan sampah salah satunya sampah plastik seperti yang dilakukan oleh akun instagram @zerowaste.idofficial. Akun ini mulai bergabung di Instagram pada tahun 2018 dan saat ini sudah memiliki pengikut lebih dari 90.000 akun. Sejak saat itu, akun ini aktif mengajak masyarakat untuk bergaya hidup minim sampah. Peneliti mengambil followers akun @zerowaste.idofficial sebagai populasi dalam penelitian ini, sample yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas akun @zerowaste.idofficial sebagai media kampanye gerakan pengurangan sampah plastik dan melihat pengaruhnya terhadap partisipasi followers. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasi yaitu suatu penelitian yang mencari hubungan, keterkaitan, atau konektivitas, antar dua variabel atau lebih. Peneliti menyebarkan kuisioner dengan menggunakan fitur direct message kepada followers akun @zerowaste.idofficial. Hasil dari penelitian ini adalah Efektivitas akun @Zerowaste.id_official Sebagai Media Kampanye Gerakan Pengurangan Sampah Plastik memperoleh presentase sebesar 86,7% yang termasuk dalam kategori sangat efektif, serta memberikan pengaruh sebesar 31,24% terhadap Partisipasi Followers, sedangkan 68,76% sisanya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Efektivitas, Instagram, Partisipasi, Gerakan Pengurangan Sampah Plastik