Satu model pemasaran yang saat ini sedang menjadi tren adalah sosial
media marketing. Media sosial memberikan peluang bagi online shop untuk
memasarkan produknya, salah satunya melalui Instagram. Para online shop
menggunakan strategi untuk meningkatkan jumlah pembelian produknya dengan
menggunakan jasa celebrity endorser. Melihat fenomena yang ada, peneliti ingin
mengkaji lebih lanjut pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Gita Savitri sebagai
celebrity endorser yang dilihat dari segi visibility, credibility, attraction dan power
memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Femme Outfit di
Instagram.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM
(Structural Equation Model) dengan menggunakan aplikasi AMOS. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner ke 140 responden.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling
dengan jenis purposive sampling. Populasi dan sampel penelitian ini adalah
konsumen yang mengikuti instagram Femme Outfit dan melakukan pembelian
produk Femme Outfit dan melihat Gita Savitri sebagai celebrity endorser-nya.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh visibility Gita Savitri terhadap keputusan pembelian di Femme Outfit,
terdapat pengaruh credibility Gita Savitri terhadap keputusan pembelian di Femme
Outfit, terdapat pengaruh attraction Gita Savitri terhadap keputusan pembelian di
Femme Outfit dan terdapat pengaruh power Gita Savitri terhadap keputusan
pembelian di Femme Outfit.
Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu menambahkan variabel yang dapat
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen seperti kualitas produk dan
persepsi harga.
Kata Kunci: celebrity endorser, visibility, credibility, attraction, power dan
keputusan pembelian.