Pengaruh Iklan Televisi Versi Cerita Nyata #TakTertangkapKamera Terhadap Citra Merek Traveloka

LAURA CINDY PERWITASARI

Informasi Dasar

20.04.1665
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Iklan dikatakan sebagai sarana mempromosikan sebuah produk yang sangat populer dan paling banyak diminati orang. Tujuan beriklan bagi perusahaan yaitu untuk meningkatkan penjualan produk (barang/jasa) yang diperdagangkan dan mencapai keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan. Media untuk beriklan yang sering digunakan yaitu media cetak dan digital. Di era yang berkembang seperti sekarang, khalayak tentunya ingin menggunakan segala sesuatunya dengan mudah dan tidak menyusahkan dalam hal membeli atau menggunakan sesuatu, apalagi saat ini sudah disediakan platform untuk berbelanja atau bertransaksi online, salah satunya Traveloka yaitu aplikasi layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel. Objek dari penelitian ini yaitu iklan televisi Traveloka versi Cerita Nyata #TakTertangkapKamera. Iklan ini merupakan iklan yang sudah ditonton lebih dari 10 juta penonton. Dengan demikian peneliti ingin meneliti seberapa besar pengaruh iklan televisi versi Cerita Nyata #TakTertangkapKamera terhadap citra merek Traveloka. Peneliti memilih menggunakan metode kuantitatif didalam penelitian ini dengan menggunakan elemen-elemen yang terdapat didalam iklan yaitu Hearword, Music, Seenword, Picture, Colour, Movement, juga menggunakan komponen citra merek yang terdiri dari atribut, manfaat, sikap (kognitif, afektif, konatif), dukungan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yaitu masyarakat yang memiliki penghasilan menengah kebawah dari beberapa wilayah yang dikumpulkan secara acak. Hasil dari penelitian ini adalah regresi sederhana sebesar Y = 24,739 + 592X. Selanjutnya analisis korelasi yang diperoleh sebesar 0,571 termasuk kedalam kategori sedang. Pada penelitian ini h0 ditolak dan h1 diterima karena thitung > ttabel (24,793) > 1,660) artinya iklan televisi berpengaruh terhadap citra merek. Serta iklan televisi mempengaruhi citra merek sebesar 33% sedangkan 67% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata kunci: Iklan Televisi dan Citra Merek

Subjek

Marketing - communication
 

Katalog

Pengaruh Iklan Televisi Versi Cerita Nyata #TakTertangkapKamera Terhadap Citra Merek Traveloka
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LAURA CINDY PERWITASARI
Perorangan
Sylvie Nurfebiaraning
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini