Pengaruh Perceived of Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning (Studi Pada Karyawan Tetap PT. X Regional IV Jawa Barat)

ADRIAN HANIFATHAN WIDYASTADI

Informasi Dasar

20.04.1679
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri perbankan di Indonesia sudah menggunakan e-learning sebagai sarana pembelajran karyawannya demi mengefektifkan dan mengefisiensikan tujuan perusahaan. SDM pada industry ini dirasa perlu untuk mengikuti perkembangan zaman dalam kesehariannya. Untuk mencapai tujuan perusahaan, dalam penggunaan sistem e-learning perlu diketahui tingkat kepuasan penggunanya menggunakan Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use untuk mengukur persepsi pengguna mengenai sistem e-learning. Dimensi dari Perceived Usefulness adalah Extrinsic Motivation, Intrinsic Motivation, serta Learning Goal Organization yang digunakan untuk mengukur persepsi karyawan akan kegunaan atau manfaat dari sistem e-learning. Untuk dimensi dari Perceived Ease of Use adalah Computer Self-Efficacy, Computer Playfulness, dan Computer Anxiety yang digunakan untuk mengukur persepsi karyawan akan kemudahan penggunaan sistem e-learning. Serta dimensi dari Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning adalah Penggunaan Kembali, Memberikan Rekomendasi, dan Tidak adanya Keluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna E-Learning, pengaruh dari Perceived Ease of Use terhadap Kepuasan Pengguna E-Learning, dan pengaruh dari Perceived Ease of Use terhadap Perceived Usefulness. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kausal. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel menurut rumus slovin sejumlah 147 responden. Pengumupulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara acak kepada karyawan tetap PT X Regional IV Jawa Barat. Teknik analisis data yang digunakan adalah Path Analysis. Berdasarkan hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa Perceived Usefulness termasuk dalam kategori baik dengan persentase 73,43% pada garis kontinum. Perceived Ease of Use termasuk dalam kategori baik dengan persentase 70% pada garis kontinum. Kepuasan Pengguna E-Learning termasuk dalam kategori baik dengan persentase 76,73 pada garis kontinum. Semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dimana didalam PT X Regional IV Jawa Barat varibel PU berpengaurh terhadap Kepuasan pengguna E-learning, PEU berpengaruh terhadap Kepuasna pengguna e-learning dan PEU berpengaruh terhadap PU.

Subjek

E-LEARNING
 

Katalog

Pengaruh Perceived of Usefulness dan Perceived Ease of Use Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning (Studi Pada Karyawan Tetap PT. X Regional IV Jawa Barat)
 
xv, 92p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADRIAN HANIFATHAN WIDYASTADI
Perorangan
RATRI WAHYUNINGTYAS
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini