Perkembangan internet yang semakin cepat di era globalisasi saat ini membuat masyarakat telah menjadikan kebutuhan yang penting dalam menunjang segala aspek kebutuhan. Dengan hal ini, perusahaan dapat menjadikan internet sebagai tempat dalam penerapan informasi keuangan dan sebagai salah satu cara berkomunikasi dengan investor mengenai kondisi keuangan atau biasa disebut Internet Financial Reporting (IFR). Internet Financial Reporting di website resmi perusahaan dapat membantu perusahaan dalam menyebarluaskan informasi mengenai kondisi keuangan dan keunggulan – keunggulan perusahaan dimana dengan informasi tersebut dapat menjadi sinyal positif bagi perusahaan untuk menarik investor.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Ukuran perusahaan, Umur listing dan Profitabilitas terhadap Penerapan Internet Financial Reporting (IFR) baik secara simultan dan parsial. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018.
Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh 30 perusahaan dengan waktu 4 tahun sehingga total unit sampel sebanyak 120 unit sampel yang diobservasi. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews ver.11. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, umur listing dan profitabilitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap internet financial reporting. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, umur listing dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap internet financial reporting.
Kata kunci: internet financial reporting, profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur listing.