Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah berkembang dengan pesat,
hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan pengguna internet, tak terkecuali pada
negara Indonesia. Pertumbuhan internet di negara Indonesia semakin meningkat,
hal tersebut menunjukkan bahwa teknologi pada saat ini merupakan suatu
kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mempermudah segala proses pekerjaan,
termasuk dalam urusan perbankan. Fenomena tersebut membuat saat ini semakin
banyak muncul kemajuan teknologi internet layanan perbankan salah satunya
digital banking melalui aplikasi untuk menunjang masyarakat dalam melakukan
transaksi perbankan. Jenius merupakan aplikasi perbankan revolusioner dari bank
BTPN yang dilengkapi kartu debit VISA yang membantu penggunanya dalam
aktivitas finasialnya seperti menabung, bertransaksi, dan mengatur keuangnnya
lebih simple, yang dapat dilakukan melalui smartphone dimanapun dan kapanpun
yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia, dilihat dari jumlah
pengguna jenius terbanyak berada di wilayah Jabodetabek, sehingga perlu diteliti
faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen menggunakan aplikasi Jenius di
Jabodetabek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi
konsumen menggunakan aplikasi perbankan jenus terhadap atittudes. Selain itu
menyelidiki atittudes yang berubah menjadi intention to adopt unruk menggunakan
aplikasi perbankan jenius. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk
penelitian deskriptif. Waktu penelitian dilakukan secara cross section tanpa
mengintervensi data. Model yang diperluas digunakan untuk mengetahui niat
menggunakan aplikasi perbankan jenius di Jabodetabek , berdasrkan model
Technology Acceptance Model (TAM) yang terdiri dari model Perceived Ease of
Use, Perceived Usefulness, Bank Credibility, Perceived Risk, Perceived Trust,
Atittudes, Intention to adopt.
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive
sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form
pada pengguna aplikasi perbankan jenius di Jabodetabek dengan jumlah sampel
sebesar 385 responden. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang dianalisis dengan
analisis regresi yang diproses dengan software IBM SPSS 25 digunakan untuk
menguji hubungan hipotesis antar variabel. Hasil dari penlitian ini adalah Terdapat hubungan statistik langsung untuk variabel perceived ease of use, perceived usefulness, bank credibility, perceived
trust dengan atittudes untuk menggunakan aplikasi perbankan Jenius. Terdapat
hubungan statistik tidak langsung untuk variabel perceived risk dengan atittudes
untuk menggunakan aplikasi perbankan Jenius. Serta, terdapat hubungan statistik
langsung untuk variabel atittudes dengan intention to adopt untuk menggunakan
aplikasi perbankan Jenius.
Kata Kunci: digital banking, TAM, atittudes, intention to adopt