FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA MENGGUNAKAN APLIKASI PERBANKAN JENIUS DI JABODETABEK

HUTAMI RIZKI ISLAMY

Informasi Dasar

107 kali
20.04.1692
658.8342
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah berkembang dengan pesat, hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan pengguna internet, tak terkecuali pada negara Indonesia. Pertumbuhan internet di negara Indonesia semakin meningkat, hal tersebut menunjukkan bahwa teknologi pada saat ini merupakan suatu kebutuhan masyarakat Indonesia untuk mempermudah segala proses pekerjaan, termasuk dalam urusan perbankan. Fenomena tersebut membuat saat ini semakin banyak muncul kemajuan teknologi internet layanan perbankan salah satunya digital banking melalui aplikasi untuk menunjang masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan. Jenius merupakan aplikasi perbankan revolusioner dari bank BTPN yang dilengkapi kartu debit VISA yang membantu penggunanya dalam aktivitas finasialnya seperti menabung, bertransaksi, dan mengatur keuangnnya lebih simple, yang dapat dilakukan melalui smartphone dimanapun dan kapanpun yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia, dilihat dari jumlah pengguna jenius terbanyak berada di wilayah Jabodetabek, sehingga perlu diteliti faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen menggunakan aplikasi Jenius di Jabodetabek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi konsumen menggunakan aplikasi perbankan jenus terhadap atittudes. Selain itu menyelidiki atittudes yang berubah menjadi intention to adopt unruk menggunakan aplikasi perbankan jenius. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk penelitian deskriptif. Waktu penelitian dilakukan secara cross section tanpa mengintervensi data. Model yang diperluas digunakan untuk mengetahui niat menggunakan aplikasi perbankan jenius di Jabodetabek , berdasrkan model Technology Acceptance Model (TAM) yang terdiri dari model Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Bank Credibility, Perceived Risk, Perceived Trust, Atittudes, Intention to adopt. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form pada pengguna aplikasi perbankan jenius di Jabodetabek dengan jumlah sampel sebesar 385 responden. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang dianalisis dengan analisis regresi yang diproses dengan software IBM SPSS 25 digunakan untuk menguji hubungan hipotesis antar variabel. Hasil dari penlitian ini adalah Terdapat hubungan statistik langsung untuk variabel perceived ease of use, perceived usefulness, bank credibility, perceived trust dengan atittudes untuk menggunakan aplikasi perbankan Jenius. Terdapat hubungan statistik tidak langsung untuk variabel perceived risk dengan atittudes untuk menggunakan aplikasi perbankan Jenius. Serta, terdapat hubungan statistik langsung untuk variabel atittudes dengan intention to adopt untuk menggunakan aplikasi perbankan Jenius.

Kata Kunci: digital banking, TAM, atittudes, intention to adopt

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA MENGGUNAKAN APLIKASI PERBANKAN JENIUS DI JABODETABEK
 
xiv, 98p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HUTAMI RIZKI ISLAMY
Perorangan
NURVITA TRIANASARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini