Perusahaan keluarga (family business) merupakan suatu fenomena umum yang terjadi di mana-mana. Sebuah perusahaan keluarga bisa menjadi usaha besar dan profesional tentu tidak terlepas dari proses perpindahan kepemimpinan dari Generasi pertama ke generasi kedua dan selanjutnya. Dalam proses
perpindahannya, setiap generasi harus memiliki perencanaan suksesi untuk mencapai kesuksesan dari usaha keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana suatu usaha keluarga mempersiapkan perencanaan suksesinya agar dapat mencapai kesuksesan yang diharapkan. Selain itu untuk mengetahui bagaimana proses suatu bisnis keluarga pada saat terjadi perpindahan kepemimpinan dari generasi awal menuju generasi selanjutnya serta untuk mengetahui proses kepemimpinan yang dilakukan oleh pemimpin perusahaan di setiap generasinya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara. Penelitian ini juga menggunakan beberapa variabel yang meliputi, succession process model. hasil penelitian menunjukkan proses yang dilakukan oleh perusahaan keluarga yang menjadi objek penelitian dalam membuat perencanaan suksesi di setiap generasinya, selain itu juga dari hasil penelitian dapat ditemukan perbedaan serta persamaan cara memimpin dari dua generasi yang menjadi objek penelitian.
Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi perusahaan keluarga tersebut untuk meningkatkan komunikasi dan program yang lebih baik terhadap karyawan dan kostumernya, serta dapat berguna bagi penelitian selanjutnya.