Dengan budaya dan geografis yang beragam, jawa barat memiliki banyak
sekali potensi wisata yang dapat dijadikan produk unggulan untuk masyarakat
sekitarnya. Kabupaten Bandung Barat merupakan salah satu daerah dengan
banyak destinasi wisata. Di dalam data dinas pariwisata Kabupaten Bandung
Barat, tercatat ada 28 destinasi pariwisata yang terdaftar dari 8 kecamatan.
Dengan data kunjungan wisatawan tahun 2018 sebanyak 6.634.998 wisatawan
nusantara, dan 36.656 wisatawan mancanegara. Pada tahun lalu (2019) Kabupaten
Bandung Barat sedang fokus untuk mempromosikan 3 destinasi yang diantaranya
adalah Curug Malela. Destinasi ini dipilih menjadi destinasi prioritas karena,
Curug sudah mulai dikenal hingga ke luar kota. Tetapi pemerintah Kabupaten
Bandung Barat masih minim dalam melakukan promosi, promosi masih berupa
media cetak berupa poster, pamflet, brosur yang dibagikan pada event yang
diadakan Kabupaten Bandung Barat hingga tahun 2020 saat ini akibat Hal
tersebut membuat sektor pariwisata kurang dikenal oleh masyarakat luas. dengan
permasalahan tersebut, penulis ingin membuat suatu media promosi sehingga
Masyarakat tertarik dan mengunjungi destinasi wisata serta meningkatkan
pendapatan bagi pemerintah dan penduduk setempat. Dengan pengaplikasian
metode SWOT, analisis karya yang penulis ingin rancang dapat sampai ke
audience dengan tepat sehingga membuat Masyarakat tertarik dan mengunjungi
pariwisata yang dimaksud. Kata kunci: pariwisata, promosi.