Minimnya minat masyarakat Indonesia untuk mengunjungi museum dan perpustakaan menjadi salah satu kendala dalam transfer pengetahuan, padahal museum dan perpustakan berperan sebagai sarana edukasi dan rekreasi serta diharapkan dapat memotivasi generasi mendatang. Ada beberapa faktor penyebab hal tersebut, diantaranya adalah kurangnya media informasi serta media promosi sebagai media atau sarana pengetahuan mengenai eksistensi museum dan perpustakaan pada masyarakat. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menginformasikan serta mempromosikan Museum Vira Jati dan Perpustakaan Seskoad agar dapat dikenal dan dikunjungi oleh masyarakat umum, khususnya pelajar SLTA dan mahasiswa. Museum Vira Jati Seskoad menyimpan dokumen peran Seskoad dalam menyiapkan calon pemimpin baik TNI, TNI AD, maupun calon pimpinan nasional. Perpustakaan Seskoad menyajikan buku-buku kemiliteran dan ilmu pengetahuan lainnya seperti ekonomi, politik, sosial dan budaya. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah wawancara, kuesioner, observasi dan studi pustaka, sedangkan analisis yang digunakan yaitu analisis data kuesioner dan matriks. Diharapkan perancangan ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke Museum Vira Jati dan Perpustakaan Seskoad yang akan berdampak kepada Museum Vira Jati dan Perpustakaan Seskoad sebagai media edukasi, juga bagi masyarakat khususnya anak muda di Bandung dalam mengetahui peran Seskoad dalam menyiapkan calon pemimpin bangsa.
Kata Kunci: Promosi, Museum Vira Jati, Perpustakaan Seskoad.