PENYUTRADARAAN FILM PENDEK PENGASUH DIGITAL MENGENAI PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK GENERASI ALFA YANG KECANDUAN BERMAIN GIM PADA SMARTPHONE

ELFANSYAH

Informasi Dasar

20.04.1970
791.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Elfansyah. 2020. Penyutradaraan Film Pendek Pengasuh Digital Mengenai Peran Orang Tua Terhadap Anak Generasi Alfa Yang Kecanduan Bermain Gim Pada Smartphone. Tugas Akhir. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Industri Kreatif. Universitas Telkom.

Peran orang tua dalam mendampingi dan mendidik anak adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan dengan benar, hal ini dikarenakan perilaku dan pola pikir anak akan terbentuk dengan mencontoh orang terdekat dalam keluarga yaitu orang tua. Akan tetapi peran orang tua dalam mendidik anak generasi alfa saat ini justru berdampak negatif yaitu pemberian fasilitas smartphone sebagai alat pengasuh untuk anaknya dikala orang tua sedang sibuk dengan aktivitasnya. Generasi alfa (2010-2025) merupakan anak kecil yang telah mengetahui dan mampu menggunakan berbagai macam gadget. Salah satunya adalah teknologi smartphone yang sudah mulai mereka kenal sejak balita.

Orang tua dari anak generasi alfa ini tidak ragu untuk memberikan fasilitas smartphone kepada anaknya. Hal ini dikarenakan orang tua beranggapan smartphone mampu menjadi teman bermain yang aman dan mudah dalam pengawasan, sehingga tidak mengganggu kesibukannya. Salah satu aplikasi smartphone yang menjadi daya tarik kuat anak adalah aplikasi gim. Aplikasi tersebut dapat membuat anak terhibur, akan tetapi kesibukan orang tua justru membiarkan anak asik bermain gim pada smartphone tanpa batas waktu, pengawasan, dan peneguran dari orang tua, sehingga hal ini dapat menyebabkan pengaruh negatif yaitu dampak kecanduan.

Berdasarkan fenomena tersebut tujuan penelitian adalah memahami dan memberikan solusi sesuai dengan bidang Perancang agar permasalah yang terjadi dapat diminimalisir ataupun dicegah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif karena subjek penelitian adalah fenomena yang terjadi dimasyarakat saat ini. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah psikologi perilaku (behavioristik) karena objek penelitian yang diamati adalah perilaku manusia yaitu perilaku orang tua yang memberikan smartphone khusus kepada anaknya dan membiarkan anak asik bermain gim pada smartphone tanpa peneguran untuk berhenti, hal ini menyebabkan anak kecanduan bermain gim pada smartphone.

Upaya sutradara dalam menyampaikan hasil penelitian adalah membuat film pendek, karena melalui media film sebuah pesan berbentuk audio visual dapat memudahkan penonton untuk memahami secara detail terkait fenomena penelitian ini. Selain itu film saat ini dapat dengan mudah diakses oleh banyak orang dengan perangkat smartphone, laptop, ataupun smartTV yang berada dirumah.

Kata Kunci : penyutradaraan film, film pendek, peran orang tua, generasi alfa, gim, smartphone, dan kecanduan.

Subjek

FILM
 

Katalog

PENYUTRADARAAN FILM PENDEK PENGASUH DIGITAL MENGENAI PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK GENERASI ALFA YANG KECANDUAN BERMAIN GIM PADA SMARTPHONE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELFANSYAH
Perorangan
WIBISONO TEGAR GUNA PUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini