Banyaknya daya tarik dari sisi budaya dan geografis menjadikan Bandung sebagai kota yang dikenal akan pariwisatanya. Beragamnya destinasi tempat wisata di Bandung, salah satunya merupakan destinasi wisata sejarah. Munculnya berbagai komunitas berbasis wisata sejarah di Bandung seperti Komunitas Aleut, Bandung Heritage,dan Bandung Trails dimana ketiga komunitas ini menawarkan program heritage walk, yaitu kegiatan menelusuri situs-situs serta bangunan-bangunan historis dan mengenalkan sejarahnya, merupakan bukti bahwa orang-orang memiliki minat terhadap wisata sejarah. Untuk menunjang kegiatan dalam berwisata sejarah ini, dibutuhkan busana yang sesuai dengan kegiatan tersebut dimana cocok untuk kegiatan wisata sejarah yaitu berjalan-jalan di dalam kota. Namun, jarangnya brand lokal yang menyediakan busana untuk berwisata sejarah di dalam kota, membuat adanya peluang untuk membuat produk ready to wear yang didasarkan akan kebutuhan tersebut. Yaitu, busana yang mengutamakan kenyamanan yang dapat menyerap keringat, dengan menambahkan unsur estetika yang terinspirasi dari Kota Bandung, baik sejarahnya, maupun hal menarik lainnya yang dapat digali dari Kota Bandung. Produk ready to wear ini ditujukan untuk mahasiswa perempuan dan wanita muda yang menyukai kegiatan berwisata sejarah. Berdasarkan pengamatan penulis, mahasiswa perempuan dan wanita muda merupakan mayoritas peserta terbanyak dari kegiatan ini. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yaitu studi literatur, observasi, wawancara dan eksplorasi. Berdasarkan hasil observasi, teknik digital printing dapat menampilkan karakteristik dari tempat wisata yang ada di Bandung yang digunakan sebagai inspirasi motif pada produk ready to wear.
Kata kunci: Heritage walk, digital printing, ready to wear