Bandung memiliki berbagai macam daya tarik, contohnya terdapat banyak bangunan tua bersejarah yang menjadi tempat wisata. Seiring dengan meningkatnya minat para wisatawan akan sejarah Kota Bandung, maka lahirlah komunitas-komunitas pecinta sejarah yaitu diantaranya Komunitas Aleut, Bandung Heritage Society dan Bandung Trails. Ketiga komunitas tersebut memiliki kegiatan yang sama dalam memperkenalkan sejarah Kota Bandung, yaitu heritage walk. Kegiatan heritage walk adalah kegiatan berjalan kaki beramai-ramai menulusuri tempat-tempat bersejarah seraya mengenalkan dan bercerita tentang sejarahnya. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah sekitar belasan orang dan mayoritasnya adalah wanita berhijab. Berdasarkan hasil wawancara dan pengalaman penulis, wanita berhijab yang mengikuti kegiatan ini membutuhkan pakaian yang mendukung dalam segi kenyaman, fungsi maupun estetika. Tetapi, belum ada local brand yang menfasilitasinya. Maka dari itu penulis melihat adanya peluang untuk merancang produk ready to wear bagi wanita berhijab untuk mengikuti kegiatan ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu studi literatur, observasi, wawancara dan eksplorasi. Berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara yang telah dilakukan, teknik digital printing dipilih karena paling sesuai sebagai aksen dekoratif untuk menampilkan ciri khas dari tempat bersejarah Kota Bandung.
Kata kunci: heritage walk, ready to wear, hijab, digital printing.