Perancangan Troli Belanja Mandiri Untuk Pengunjung di Pasar Modern (Studi Kasus : Pasar Modern Batununggal Indah)

IVOLA FEBRI LAIDAHANE

Informasi Dasar

20.04.2016
658.575 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pasar Modern Batununggal Indah Bandung merupakan salah satu pasar tradisional yang dikelola dan berkonsep modern pertama dan terbesar di Bandung. Posisinya berada didalam kawasan pemukiman elite yang terdiri dari 294 unit lapak, 429 unit kios, dan 130 unit ruko di Batununggal Indah. Pasar ini menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok, keperluan sehari-hari dan rumah tangga, seperti sayur mayur, daging, ikan, pakaian, alat elektronik, apotek, hingga wisata kuliner. Kenyamanan, keamanan, dan kebersihan menjadi slogan dari pasar ini sehingga penjual dan pembeli dapat merasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Akan tetapi di Pasar Modern Batununggal Indah Bandung masih sangat minim fasilitas untuk melakukan aktivitas berbelanja yang dikhususkan untuk pengunjung yang bertujuan pergi ke Pasar Modern Batununggal Indah untuk berbelanja sehingga menyebabkan pengunjung merasa kesusahan untuk membawa barang belanjaannya ketika ingin berbelanja kekios lainnya, sehingga diperlukan fasilitas untuk aktivitas belanja berupa troli belanja yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang kebutuhannya bisa disesuaikan dengan pengunjung. Perancangan ini bertujuan untuk membuat fasilitas berbelanja untuk pengunjung berdasarkan aspek pengguna. Metode yang digunakan dalam perancangan ini ialah metode kualitatif berupa obeservasi, wawancara, dan data terkait. Metode untuk pembuatan fasilitas berbelanja menggunakan Human Centered Design yang sesuai dengan kebutuhan, kebiasaan, dan kapabilitas manusia. Hasil observasi yang dilakukan yaitu pengguna untuk fasilitas berbelanja adalah pengunjung belanja yang mempunyai keluhan dan kesulitan saat melakukan aktivitas belanja di Pasar Modern Batununggal Indah, sehingga dapat memberikan kemudahan untuk membawa barang belanjaan dari hasil produk yang tepat guna untuk pengunjung.

Kata Kunci: Pasar Modern, Troli, Belanja

Subjek

PRODUCT DESIGN
 

Katalog

Perancangan Troli Belanja Mandiri Untuk Pengunjung di Pasar Modern (Studi Kasus : Pasar Modern Batununggal Indah)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IVOLA FEBRI LAIDAHANE
Perorangan
TERBIT SETYA PAMBUDI, FAJAR SADIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini