Dewasa ini, traveling merupakan salahsatu kegiatan yang banyak diminati wanita dan menjadi gaya hidup. Minat traveling dilakukan karena adanya dukungan dari media massa internet yang dimana memunculkan media sosial sebagai media penyalur untuk menampilkan citra tertentu yang ingin ditampilkan kepada khalayak seperti Instagram. Banyak peminat dalam kegiatan traveling ini merupakan wanita urban/metropolitan yang berpenghasilan setiap bulannya, gemar bergaya (fashionista), dan gemar bepergian ke tempat wisata yang kaya akan pemandangan seperti pantai, bukit, ataupun destinasi kerajinan tangan dan lainnya yang mendukung kegiatan berfoto akan penampilannya dengan segala aksesoris fashion yang digunakan. Hal ini memunculkan suatu ide atau potensi yang dapat dikembangkan seperti menciptakan produk pelengkap busana penunjang kebutuhan para pelaku traveling ini yang dapat diperjual belikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perencanaan peluang usaha dengan menciptakan suatu produk penunjang traveling berupa tas dengan sentuhan elemen dekoratif. Metode penelitian dilakukan dengan metode kualitatif studi literatur dan observasi terhadap segmentasi market beberapa brand askesoris lokal yang dijadikan sebagai referensi dalam proses perancangan produk tas yang dibuat. Adapula metode eksplorasi yang dilakukan yaitu menggunakan beberapa teknik tekstil rekarakit untuk elemen dekoratif pada tas.