Penelitian dilatarbelakangi meningkatnya pertumbuhan pengguna Internet di Dunia dan khususnya Indonesia. Ipsos merilis hasil survei mereka yang menyebutkan bahwa 69% pengguna Internet di Indonesia melakukan pencarian web untuk mencari produk yang ingin mereka beli.
Banyak faktor yang menyebabkan konsumen ingin membeli produk melalui situs belanja online, seperti harga yang lebih murah, berbelanja dengan nyaman, dan dapat membandingkan harga. Namun, ada faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, yaitu perilaku pembelian konsumen (Kotler and Keller, 2009:166). Maka pada penelitian ini, peneliti mengambil perilaku pembelian konsumen sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif dengan skala interval. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisoner kepada 385 responden belanja online di Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan metode teknik sampling kuota. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Sedangkan dalam proses pengolahan data menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS 14.
Dari hasil penelitian membuktikan bahwa perilaku pembelian konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan faktor psikologis konsumen sebagai faktor yang paling dominan.
Keyword : Perilaku Pembelian Konsumen, Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Situs Belanja Online