Lupa kata sandi adalah salah satu kondisi dimana pengguna tidak dapat mengingat kata sandi yang telah dibuatnya. Lupa kata sandi dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya usia, kemampuan mengingat, memiliki akun yang berbeda dan padatnya kegiatan. Contoh yaitu pengguna yang memiliki beberapa akun berbeda, alasannya adalah selain memiliki beberapa akun berbeda pengguna juga pasti memiliki kesibukan lain, hal ini dapat menyebabkan pengguna rentan lupa dengan kata sandi yang telah dibuatnya. Dengan permasalah tersebut penulis membuat tugas akhir yang membahas penerapan serious game pada security question sebagai fallback authentication sebagai metode yang dapat digunakan dalam kondisi lupa kata sandi dan mengadopsi game mobile gambar “4 pics 1 word” yang populer. Permainan ini dipilih karena dapat membantu daya ingat dalam menjawab security question, sehingga dapat menciptakan sistem otentikasi yang nyaman bagi pengguna. Hasil pengujian pengalaman pengguna terhadap sistem security question yang telah ada dan yang dibuat penulis menggunakan UEQ (User Experience Questionnair) kriteria hedonic quality dengan item stimulation dan novelty adalah stimulation dengan hasil 3,51279 dan novelty dengan hasil 9,34507. Dengan kedua hasil tersebut lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,20099 maka dapat disimpulkan bahwa security question dengan metode serious game dapat meningkatkan pengalaman pengguna ketika melakukan security question.