Pengenalan Bentuk Tangan dengan Ekstraksi Ciri Pyramid Histogram of Oriented Gradient (PHOG) dan Klasifikasi Support Vector Machine (SVM)

RISKI NOVANDA

Informasi Dasar

20.04.2271
006.37
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Terdapat banyak kegunaan yang dapat dilakukan oleh Gesture atau bentuk tangan, salah satunya ialah sebagai alat komunikasi yang kemudian kita kenal dengan Bahasa Isyarat. Dalam Bahasa Isyarat terdapat banyak bentuk tangan yang mewakili suatu arti seperti angka, huruf, kata, dan lain sebagainya. Dengan tujuan mempermudah pengenalan bentuk tangan, dilakukan pengembangan sistem yang dapat mengenali arti dari bentuk tangan sebagai bahasa isyarat. Sistem yang dikembangkan menggunakan metode ekstraksi ciri Pyramid Histogram of Oriented Gradient (PHOG) dan Klasifikasi Support Vector Machine (SVM). Dataset yang digunakan pada sistem berupa 3800 gambar dan terdiri dari 6 label / class, kemudian dataset akan digunakan sebagai bahan Training dan Testing pada sistem sehingga sistem dapat mengenali arti dari tiap gambar yang menjadi masukan. Pengukuran kinerja sistem menggunakan F1 Score dengan akurasi sebesar 86%

Subjek

Computer vision
 

Katalog

Pengenalan Bentuk Tangan dengan Ekstraksi Ciri Pyramid Histogram of Oriented Gradient (PHOG) dan Klasifikasi Support Vector Machine (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISKI NOVANDA
Perorangan
KURNIAWAN NUR RAMADHANI, PRASTI EKO YUNANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini