PERANCANGAN ATRIBUT PRODUK T-SHIRT RECLAYS.ID BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE CONJOINT ANALYSIS

ADINDA DAMAYANTI

Informasi Dasar

65 kali
20.04.2311
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ekonomi kreatif adalah suatu kegiatan yang menciptakan nilai tambah berbasis ide yang lahir dari sebuah kreatifitas masyarakat atau sumber daya manusia dan berbasis ilmu pengetahuan. Menurut Badan Ekonomi Kreatif, terdapat 16 subsektor yang mempunyai potensi untuk berkembang dalam ekonomi kreatif, salah satunya adalah subsektor fesyen. Bandung merupakan salah satu kota kreatif dengan potensi sumber daya manusia yang tersebar, terutama dalam bidang fesyen. Reclays.id merupakan salah satu perusahaan di Bandung yang bergerak di bidang fesyen. Reclays.id berdiri sejak tahun 2007 untuk menjual barang-barang streetware. Seiring berjalannya waktu, Reclays.id mendirikan pusat perusahannya di Jalan Srimahi, Bandung dan menjual produk head to toe. Salah satu produk mereka yang permintaannya sangat tinggi yaitu t-shirt. Reclays.id memproduksi t-shirt dengan bahan yang nyaman dan memiliki gaya yang casual sesuai dengan target pasar yaitu anak muda umur 18 hingga 35 tahun. Pada saat menjual produknya, banyak kompetitor bermunculan yang memiliki variasi produk yang lebih banyak dibandingkan Reclays.id. Hal tersebut menyebabkan tingkat penjualan Reclays.id belum stabil dan belum mencapai target. Kemudian terdapat beberapa keluhan konsumen terhadap produk t-shirt Reclays.id. Berdasarkan permasalahan tersebut, Reclays.id harus dapat mengetahui dan menyediakan produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kombinasi atribut dan taraf atribut yang optimal berdasarkan preferensi konsumen menggunakan metode conjoint analysis, sehingga dapat diketahui atribut dan taraf atribut menurut preferensi konsumen untuk meningkatkan kualitas atau membuat produk t-shirt. Pada penelitian ini, terdapat 6 atribut beserta taraf atibut rancangan yang digunakan untuk produk t-shirt yaitu bahan, harga, desain, cutting, warna, dan model. Keenam atribut tersebut merupakan hasil dari penelitian terdahulu dan diskusi dengan expert. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan conjoint, urutan kombinasi atribut dan taraf atribut produk t-shirt menurut preferensi konsumen yaitu model dengan taraf lengan pendek, harga dengan taraf < Rp. 90.000, bahan dengan taraf Cotton Combed 30’s, warna dengan taraf monocolour, desain dengan taraf depan belakang bergambar, dan cutting dengan taraf Regular Fit Type 1. Urutan kombinasi atribut dan taraf atribut tersebut didapatkan dari hasil nilai tingkat kepentingan atribut (importance values) terbesar dan nilai utilitas (utility) paling positif taraf masing-masing atribut. Kata Kunci : T-Shirt Reclays.id, Preferensi Konsumen, Conjoint Analysis, Tingkat Kepentingan Atribut, Utilitas.

Subjek

INDUSTRIAL MARKETING
 

Katalog

PERANCANGAN ATRIBUT PRODUK T-SHIRT RECLAYS.ID BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE CONJOINT ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADINDA DAMAYANTI
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA, BUDHI YOGASWARA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini