Ekonomi kreatif adalah suatu kegiatan yang menciptakan nilai tambah berbasis ide
yang lahir dari sebuah kreatifitas masyarakat atau sumber daya manusia dan
berbasis ilmu pengetahuan. Menurut Badan Ekonomi Kreatif, terdapat 16 subsektor
yang mempunyai potensi untuk berkembang dalam ekonomi kreatif, salah satunya
adalah subsektor fesyen.
Bandung merupakan salah satu kota kreatif dengan potensi sumber daya manusia
yang tersebar, terutama dalam bidang fesyen. Reclays.id merupakan salah satu
perusahaan di Bandung yang bergerak di bidang fesyen. Reclays.id berdiri sejak
tahun 2007 untuk menjual barang-barang streetware. Seiring berjalannya waktu,
Reclays.id mendirikan pusat perusahannya di Jalan Srimahi, Bandung dan menjual
produk head to toe. Salah satu produk mereka yang permintaannya sangat tinggi
yaitu t-shirt. Reclays.id memproduksi t-shirt dengan bahan yang nyaman dan
memiliki gaya yang casual sesuai dengan target pasar yaitu anak muda umur 18
hingga 35 tahun.
Pada saat menjual produknya, banyak kompetitor bermunculan yang memiliki
variasi produk yang lebih banyak dibandingkan Reclays.id. Hal tersebut
menyebabkan tingkat penjualan Reclays.id belum stabil dan belum mencapai target.
Kemudian terdapat beberapa keluhan konsumen terhadap produk t-shirt Reclays.id.
Berdasarkan permasalahan tersebut, Reclays.id harus dapat mengetahui dan
menyediakan produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kombinasi atribut dan taraf atribut yang
optimal berdasarkan preferensi konsumen menggunakan metode conjoint analysis,
sehingga dapat diketahui atribut dan taraf atribut menurut preferensi konsumen
untuk meningkatkan kualitas atau membuat produk t-shirt. Pada penelitian ini,
terdapat 6 atribut beserta taraf atibut rancangan yang digunakan untuk produk
t-shirt yaitu bahan, harga, desain, cutting, warna, dan model. Keenam atribut
tersebut merupakan hasil dari penelitian terdahulu dan diskusi dengan expert.
Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan conjoint, urutan kombinasi
atribut dan taraf atribut produk t-shirt menurut preferensi konsumen yaitu model
dengan taraf lengan pendek, harga dengan taraf < Rp. 90.000, bahan dengan taraf Cotton Combed 30’s, warna dengan taraf monocolour, desain dengan taraf depan
belakang bergambar, dan cutting dengan taraf Regular Fit Type 1. Urutan
kombinasi atribut dan taraf atribut tersebut didapatkan dari hasil nilai tingkat
kepentingan atribut (importance values) terbesar dan nilai utilitas (utility) paling
positif taraf masing-masing atribut.
Kata Kunci : T-Shirt Reclays.id, Preferensi Konsumen, Conjoint Analysis,
Tingkat Kepentingan Atribut, Utilitas.