PERANCANGAN ATRIBUT PRODUK TAS SCRATCHLINE BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE CONJOINT ANALYSIS

FATHAN GIFFARI AKBAR

Informasi Dasar

20.04.2315
658.807
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Scratchline merupakan salah satu pelaku UMKM di bidang fashion asal Kota Bandung yang berfokus pada produksi dan penjualan tas. Selama tahun 2019, terdapat masalah pada Scratchline yaitu penjualan yang cenderung naik turun. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kompetitor yang memiliki segmentasi pasar yang sama dan variasi produk yang kurang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk merancang rekomendasi produk berdasarkan kombinasi atribut dan taraf yang dinilai penting sesuai dengan preferensi konsumen menggunakan conjoint analysis dengan pendekatan full-profile. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga, bahan, model, warna, dan motif. Sampel dari penelitian ini berjumlah 100 responden konsumen Scratchline yang berusia 13-35 tahun. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa atribut yang dianggap penting oleh konsumen saat membeli sebuah produk tas adalah harga, lalu diikuti oleh warna, bahan, model, dan motif. Kemudian penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi rancangan produk Scratchline yaitu tas dengan harga Rp.100.000 – Rp.175.000, bahan cordura, model backpack, warna deep (warna gelap) dan memiliki motif.

Kata Kunci: Conjoint Analysis, Scratchline, Atribut, Preferensi Konsumen

Subjek

MARKETING RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN ATRIBUT PRODUK TAS SCRATCHLINE BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE CONJOINT ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATHAN GIFFARI AKBAR
Perorangan
HUSNI AMANI, SARI WULANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini