PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE MOBILE APPLICATION SIBENGKEL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PENGGUNA DENGAN METODE USER-CENTERED DESIGN (UCD)

MUHAMMAD TRISNA FIRMANSYAH

Informasi Dasar

20.04.2336
005.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SiBengkel adalah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan pengguna motor untuk melakukan pemesanan antrian atau service motor secara online di bengkel yang terdaftar dalam aplikasi dan terdekat dengan pengguna aplikasi. Aplikasi SiBengkel merupakan aplikasi yang menghubungkan penyedia jasa service sepeda motor dengan pengguna sepeda motor yang mengalami permasalahan terhadap sepeda motor yang dimiliki. Pembuatan startup SiBengkel bertujuan untuk memecahkan permasalahan dalam service kendaraan yang banyak dan juga mempermudah pihak bengkel dalam mengelola antrean service yang melonjak, Terdapat fitur booking service online, dan juga terdapat fitur penjualan parts online. hasil survei terhadap 123 responden dengan judul “Survey pengguna sepeda motor untuk pengembangan aplikasi SiBengkel.” Terdapat 44.7% responden menyatakan sering mengalami masalah pada sepeda motor yang sering digunakan dan 41% responden sering mengalami antrean pada saat berada dibengkel. 55,3% responden setuju dengan adanya sistem booking online dalam aplikasi SiBengkel yang membantu pengguna sepeda motor dalam melakukan perawatan sepeda motor. Tujuan dari penenlitian ini yaitu merancang solusi desain user interface (UI) berdasarkan hasil analisis user experience (UX) yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Pentingnya UI/UX dalam pengembangan aplikasi untuk mempermudah pengguna menggunakan aplikasi, mendapat respon dari interaksi dan mengetahui kebutuhanan pengguna. Pada perancangan penelitian ini menggunakan metode user-centered design (UCD), metode ini berfokus kepada kebutuhan pengguna. Dengan mengunakan aplikasi SiBengkel penulis berharap pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkait permasalahan mengenai antrean bengkel dan perawatan pada sepeda motor. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah solusi desain pada Aplikasi SiBengkel yang dapat diterima oleh pengguna dengan hasil skor SUS sebesar 74.

Subjek

USER INTERFACES
 

Katalog

PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE MOBILE APPLICATION SIBENGKEL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PENGGUNA DENGAN METODE USER-CENTERED DESIGN (UCD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD TRISNA FIRMANSYAH
Perorangan
RAHMAT FAUZI, SONI FAJAR SURYA GUMILANG
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini